170 Nakes Terkonfirmasi Positif Covid-19, Puskesmas di Lobar Tidak Boleh Tutup Pelayanan

Giri Menang (Suara NTB)  – Sebanyak 170 tenaga kesehatan (nakes) di Kabupaten Lombok Barat (Lobar) terpapar Covid-19. Di antara mereka sudah ada yang sembuh dan masih menjalani perawatan. Meski  banyak nakes terpapar Covid-19, pelayanan di puskesmas tidak boleh tutup.

Kepala Dinas Kesehatan (Dikes) Lobar Hj. Ni Made Ambaryati yang ditemui di Giri Menang, Jumat, 20 Agustus 2021 mengatakan berdasarkan data yang dimiliki terdapat 170 nakes terpapar Covid-19. “Semua nakes yang dilaporkan terpapar Covid-19 hampir sebanyak 170 orang. Cuma memang dari pusat tidak boleh tutup pelayanan di puskesmas. Jadi harus diatur. IGD harus tetap buka, poli digabung. Mau Poli Anak, Dewasa dan Ibu Hamil semua di poli itu. Jadi diupayakan seperti itu,” tegasnya.

Hal inipun sudah dilakukan pihaknya untuk mensiasati nakes yang positif Covid-19 supaya pelayanan tetap bisa dibuka. Ia membantah jika ada puskesmas yang menutupi data nakes yang positif Covid-19. Karena kalau ada nakes yang positif 12 orang atau 20 orang dan betapapun tetap dilaporkan. Dampak banyak nakes terpapar Covid-19 ini, vaksinasi dosis ketiga untuk nakes tidak bisa tercapai seperti vaksinasi sebelumnya (dosis 2).

Karena, untuk bisa divaksin, nakes yang positif covid-19 ini harus menunggu waktu tiga bulan setelah dinyatakan sembuh baru bisa divaksinasi. “Perlu nunggu waktu tiga bulan, sehingga vaksinasi nakes tidak bisa tercapai semua. Karena hampir 170 orang yang positif Covid-19,”ujarnya. Bahkan kata dia, jumlah nakes terpapar Covid-19 ini kemungkinan bisa terus bertambah.

Soal insentif nakes ini, sudah dibayarkan Januari sampai Juni. Sedangkan yang belum dibayar insentif bulan Juli yang diusulkan bulan ini. “Diajukan bulan ini untuk Insentif bulan Juli,” ujarnya.

Hitungannya jelas dia, berapa pasien Covid-19 dan antigen yang positif covid-19 itu yang menentukan jumlah nakes yang memperoleh insentif. (her)




Digital Interaktif.

Edisi 1 Januari 1970

Imigrasi Luncurkan Situs Resmi Pengurusan e-VoA

0
Mataram (suarantb.com) Situs palsu pengurusan elektronik visa on arrival (e-VOA) https://www.indonesia-evoa.com muncul di pencarian teratas mesin pencari google, warga negara asing diminta berhati-hati. Sebelumnya...

Latest Posts

Imigrasi Luncurkan Situs Resmi Pengurusan e-VoA

Mataram (suarantb.com) Situs palsu pengurusan elektronik visa on arrival...

Kolaborasi Srikandi BRI dan BUMN, Bahu Membahu Percepat Pemulihan Korban Gempa Cianjur

Cianjur (suarantb.com) – Dalam rangka mempercepat pemulihan pasca bencana,...

Unisma Raih Dua Kategori Anugerah Kampus Unggulan

Malang (suarantb.com)Universitas Islam Malang (Unisma) sebagai Perguruan tinggi dengan...

Kesejahteraan Guru Terpencil di Kabupaten Bima Masih Diabaikan

Bima (Suara NTB) - Serikat Guru Indonesia (SGI) Kabupaten...