Siap Turunkan Program, UTS Sasar Pelosok Selatan Sumbawa

0
Tim UTS saat mengunjungi desa di wilayah Ropang Lantung. (Suara NTB/ist)

Sumbawa Besar (Suara NTB) – Universitas Teknologi Sumbawa (UTS) sebagai perguruan tinggi berbasis teknologi aktif dalam melaksanakan program program yang menyasar masyarakat desa. Kali ini, tim UTS yang diwakili Wakil Rektor III Bidang Riset dan Inovasi bersama rombongan melakukan kunjungan ke beberapa desa di wilayah Lantung (Desa Lantung dan Lantung Sepukur) dan Ropang (Desa Lebin).

Kunjungan ini sebagai bentuk keseriusan UTS untuk mengetahui keadaan desa dan potensi yang dimiliki desa. Agar program yang akan diturunkan nantinya sesuai dengan kondisi desa. Serta mampu menyelesaikan persoalan-persoalan yang ada di desa dimaksud. Program utama yang dibicarakan dalam kunjungan, terkait Program Merdeka yang nantinya akan menerjunkan mahasiswa dan dosen untuk melakukan perkuliahan sekaligus penerapan keilmuannya di desa selama satu semester dan juga program one village Ten Engineer (OVTE).

Warek III UTS, Khotibul Umam, M.Sc, menuturkan kontribusi kampus tentunya memiliki batasan, sehingga perlu bersinergi dengan masyarakat desa. Agar program yang diturunkan nanti bisa terus berkelanjutan. “Tugas kami tentunya hanya sebatas menstimulasi program-program positif yang sesuai potensi desa, dapat diterapkan oleh masyarakat dan kami dampingi agar bisa berjalan. Tetapi untuk menjaganya, peran masyarakat sebagai penduduk desalah yang berperan besar,”terangnya.

Kepala Desa Lantung, Lantung Sepukur dan Lebin yang dikunjungi secara umum sangat mengapresiasi kegiatan dari UTS. Mereka berharap agar program yang nantinya akan berjalan di bulan September (program merdeka) dapat membantu desa dalam banyak hal. Terutama memanfaatkan potensi desa.

Perjalanan ke wilayah Lantung dan Ropang memang cukup ekstrem terutama saat masuk ke Desa Lebin. Tetapi yang namanya pengabdian ke masyarakat, harus siap dengan segala kondisi akses dan kontur alamnya. Dengan semangat kolaborasi, pastinya kemajuan desa dapat diwujudkan bersama. (arn)