KKN Tematik Unram Bantu Percepatan Pelayanan Desa Mambalan

0
Foto bersama kelompok Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Universitas Mataram (UNRAM) Desa Mambalan, Kabupaten Lombok Barat dengan perangkat desa.

Giri Menang (Suara NTB) – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Universitas Mataram (UNRAM) Desa Mambalan, Kabupaten Lombok Barat mengembangkan website untuk membantu desa dalam percepatan informasi dan pelayanan kepada masyarakat.

“Tujuannya untuk membantu perangkat desa dalam mengoptimalkan web kantor desa dan juga mempermudah perangkat desa dalam melakukan kegiatan administrasi berbasis online,” jelas Ketua KKN Tematik Desa Mambalan, Nudzransyah Alif Utama pada Kamis, 15 Juli 2021.

Kegiatan ini dilakukan dalam tiga tahapan, mulai dari survei, implementasi kegiatan, dan evaluasi kegiatan. Survei dilakukan di kantor Desa Mambalan dengan melakukan kunjungan kepada seluruh perangkat desa setempat, kemudian mengambil datanya untuk keperluan data. “Dalam langkah ini dilakukan analisa tentang potensi implementasi digitalisasi desa di Desa Mambalan untuk layanan masyarakat di Desa Mambalan, serta optimalisasi penggunaan website di desa,” jelasnya.

Setelah itu dilakukan kegiatan implementasi berupa pembuatan website dan pembaruan beberapa fitur layanan administrasi desa. Serta upaya untuk memperbaharui website desa dengan mencantumkan profil, sejarah, tingkat perekonomian, jumlah penduduk, dan potensi yang ada di desa Mambalan.

“Dari hasil survei diketahui bahwa secara umum layanan terhadap kegiatan kemasyarakatan sudah dilakukan dengan perangkat lunak yang ada. Namun untuk website Desa saat ini tidak bisa diakses atau diperbaharui tampilannya karena tidak melakukan hosting di mana akan membuat website non aktif dengan sendirinya,” sambungnya.

Anggota KKN tematik di Desa Mambalan, Nabila Pinkan Ibanez menambahkan, kelompoknya melakukan pendampingan pengurusan kembali website Desa Mambalan. Hingga kegiatan KKN selesai, proses pengurusan masih berjalan. “Dalam kegiatan ini juga dilakukan kegiatan menambah fitur-fitur yang ada dalam website untuk mempermudah pelayanan administrasi Desa seperti penambahan fitur untuk membuat berbagai macam surat hanya dengan menaruh NIK dan akan tersinkron dengan data surat terdahulu yang telah dibuatnya,” jelasnya.

Kepala Desa Mambalan, Muhamad Musanip, S.Sos., menyambut baik program kerja KKN tematik Unram. Ia juga mengaku puas dengan hasil program kerja tersebut. (r/ron)