Kesembuhan Pasien Covid-19 di Lobar Terus Bertambah

0
Rumah sakit darurat di salah satu hotel di Senggigi yang disiapkan oleh Pemda Lobar sebagai tempat perawatan warga yang terpapar Covid-19. (Suara NTB/ist)

Giri Menang (Suara NTB) – Angka terkonfirmasi Covid-19 di Kabupaten Lombok Barat (Lobar), dalam seminggu terakhir terkonfirmasi menurun atau dalam keadaan landai. Selain angka terkonfirmasi melandai, kesembuhan pasien Covid-19 juga terus bertambah. Hingga saat ini mencapai 87 persen lebih, sehingga tingkat keterisian tempat tidur rumah sakit alias Bed Occupancy Rate (BOR) di Lobar pun berhasil ditekan hingga 39 persen.

“Situasi ini juga diikuti oleh angka kesembuhan masyarakat yang terpapar Covid-19 juga mengalami peningkatan. Alhamdullilah, dari waktu ke waktu, berdasarkan laporan dari Dinas Kesehatan Kabupaten Lombok Barat, angka kesembuhan terus meningkat, yang diharapkan masyarakat Lombok Barat cepat terbebas dari Covid-19,” jelas Bupati Lobar H. Fauzan Khalid, Rabu, 11 Agustus 2021.

Menurutnya, peningkatan kesembuhan ini terjadi terlihat dari perkembangan keterisian BOR pasien covid-19 di Rumah Sakit di Lobar. Hingga saat ini penambahan jumlah pasien Covid-19 yang sembuh hingga 87-80 persen. “Di mana dalam perkembangannya saat ini BOR sekitar 39 persen. Jauh dari batas maksimal yang telah ditetapkan oleh pemerintah pusat, sebasar 60 persen,” terangnya.

Selain itu, Fauzan juga menegaskan Lobar akan terus berusaha melakukan tracing, untuk mencapai hasil di atas yang telah ditargetkan oleh pemerintah pusat.“Namun demikian dengan perkembangan ini, kami mengingatkan kembali untuk tidak kendur dalam penegakan protokol kesehatan,” katanya.

Dalam hal ini, pihaknya akan lebih tegas lagi dalam mengontrol protokol Kesehatan dan diharapkan juga kesadaran masyarakat untuk lebih disiplin dalam menerapkan Protokol Kesehatan.

“Justru, Insya Allah kami dari pemerintah daerah, yang diback up oleh rekan-rekan TNI-Polri, yang di dalamnya kita masukan unsur perhubungan dan unsur Pol-PPnya, akan lebih tegas lagi dalam pendisiplinan,” ungkapnya.

Sementara itu, Kapolres Lobar AKBP Bagus S. Wibowo, SIK menyatakan, merujuk perkembangan angka Covid-19 cenderung mengalami penurunan, merupakan motivasi jajarannya.“Merujuk dari angka penyeberan Covid-19 di Kabupaten Lombok Barat, yang mengalami penurunan yang cukup bagus, Aparat kepolisian akan lebih bersemangat lagi dalam melakukan upaya penaganan atau pencegahan Covid-19 ini,” ungkapnya.

Kapolres berkeyakinan dengan modal sinergitas yang cukup baik TNI-Polri dan pemerintah daerah, akan lebih berusaha lagi untuk lebih mendukung pemerintah.“TNI-Polri dan pemerintah daerah akan terus menjaga masyarakat Kabupaten Lombok Barat untuk tidak tertular Covid-19, dengan langkah-langkah yang telah dipersiapkan,” ucapnya. (her)