Vaksinasi Presisi Merdeka Genjot Serapan Vaksin Covid-19

0
Kapolda NTB Mohammad Iqbal didampingi Wakil Gubernur NTB Hj Sitti Rohmi Djalillah, Rektor UIN Mataram Masnun Tahir, Danlanal Mataram Suratun, Danlanud ZAM Khairun Aslam, Kamis (5/9) memantau penyuntikan vaksin Covid-19 kepada mahasiswa UIN Mataram pada kegiatan Vaksinasi Presisi Merdeka Goes to Campus. (Suara NTB/why)

Mataram (Suara NTB) – Vaksinasi presisi merdeka Polda NTB sudah menyasar tiga kampus dalam tiga hari. Terakhir, di Universitas Islam Negeri Mataram, Kamis, 5 Agustus 2021. Sebanyak 3.000 vaksin Covid-19 disebar untuk mahasiswa dan civitas akademika.

“Vaksinasi yang menyasar kampus ini membantu penyerapan vaksin dan tepat sasarannya. Vaksinasi ini kunci utama pengendalian Covid-19,” ucap Wakil Gubernur NTB Dr Hj Sitti Rohmi Djalillah usai memantau kegiatan.

Menurutnya, vaksin Covid-19 ini sebagai kebutuhan wajib untuk penanganan Covid-19 di bidang kesehatan. “Konsekuensinya kasus akan turun, kematian akan turun, tidak ada lagi pembatasan sehingga ekonomi bisa berjalan,” imbuh Umi Rohmi.

Kapolda NTB Irjen Pol Mohammad Iqbal menyebut, vaksinasi presisi merdeka ke kampus-kampus memiliki nilai strategis. Selain sebagai penanganan sektor kesehatan.

“Mahasiswa ini tugasnya banyak. Yang utama adalah moral force sebagai penjaga nilai. Kita minta mereka menjadi tauladan yang mendorong vaksinasi,” jelasnya.

Jenderal bintang dua ini menegaskan, momentum menyambut peringatan hari kemerdekaan RI dimanfaatkan untuk meningkatkan upaya merdeka dari pandemi. Selain itu dalam jangka panjang, menghidupkan kembali kehidupan kampus.

“Mahasiswa bisa lebih fokus pada perkuliahan karena sudah terlindungi. Nanti kalau vaksinasi sudah 75 sampai 85 persen, kita bisa putus rantai penularan Covid-19 ini,” kata Iqbal.

Rektor UIN Mataram Prof Masnun Tahir mengaku bangga dapat bersinergi dalam penanganan Covid-19 ini. sebab, kampus memiliki peran utama untuk masyarakat. “Harapan kita, merdeka dari kebodohan dan merdeka dari Corona,” sebutnya.

Kasrem 162/WB Kolonel Arm I Made Kariawan menegaskan, vaksinasi Covid-19 nanti bertujuan untuk membentuk kekebalan kelompok. “Minimal kita punya daya tahan tubuh dengan tetap menjaga protokol kesehatan,” tegasnya.

Turut hadir dalam kegiatan Danlanal Mataram Kolonel Laut (P) Suratun, Danlanud ZAM Kolonel Pnb Khairun Aslam, Kadikes Provinsi NTB, dan pejabat utama Polda NTB. Vaksinasi Presisi Merdeka ini masih akan bergerak ke kabupaten dan kota lain di seluruh NTB melalui Batalyon Vaksinator TNI-Polri pada Polres jajaran Polda NTB. (why)