Mudah Mengakses Layanan BPJS Kesehatan, Angga Beri Apresiasi Mobile JKN

0
Mudah Mengakses Layanan BPJS Kesehatan, Angga Beri Apresiasi Mobile JKN

Selong (suarantb.com) – Manfaat Program Jaminan Kesehatan Nasional–Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) terbukti memberikan perubahan besar dalam akses pelayanan kesehatan bagi masyarakat Indonesia. Sejak hadirnya program yang dikelola BPJS kesehatan itu, banyak masyarakat mengaku sangat mudah untuk mendapatkan pelayanan kesehatan di fasilitas kesehatan dan merasakan manfaat yang diberikan oleh program tersebut.

Salah satu peserta dari Program JKN yang merasakan manfaat dari program tersebut adalah Angga, remaja yang saat ini duduk di bangku kelas XII SMA Provinsi Nusa Tenggara Barat ini. Ditemui di kediamannya, Angga mengutarakan bahwa dengan kehadiran Program JKN-KIS, telah memberikan dampak besar bagi dirinya yang ingin mengakses pelayanan kesehatan di fasilitas kesehatan.

“Saya adalah peserta JKN-KIS dari orang tua saya (PPU-red). Program JKN-KIS ini sangat membantu banyak orang dalam hal mengakses kesehatan terutama untuk saya dan keluarga saya,” cerita Angga.

Angga menyampaikan, bahwa manfaat yang ia rasakan adalah ketika demam yang melanda dirinya beberapa waktu lalu sehingga harus berobat ke klinik.

“Waktu itu saya berobat ke Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) tempat saya terdaftar. Pada saat itu saya hanya menunjukan KIS, kemudian langsung dilayani dan menunggu antrian sebentar untuk diperiksa oleh dokter,” lanjutnya.

Menurut Angga, pelayanannya sangat memuaskan karena selain ditangani oleh dokter, ia juga mendapatkan langsung obat tanpa harus mengeluarkan biaya. Selain pengalamannya berobat menggunakan JKN-KIS, Angga juga mempunyai pengalaman dengan aplikasi Mobile JKN.

“Selain berobat, saya memberikan apresiasi kepada BPJS Kesehatan karena telah meluncurkan Aplikasi Mobile JKN. Aplikasi ini memberikan kemudahan kepada saya untuk mengakses layanan administrasi BPJS Kesehatan tanpa harus ke kantor BPJS Kesehatan,” ujar Angga.

Kemudahan itu yang ia rasakan saat akan mengganti FKTP dan saat lupa membawa kartu pada saat berobat. “Saya pernah lupa membawa KIS saat berobat, kemudian saya ingat tentang KIS Digital yang ada dalam aplikasi Mobile JKN, begitu saya tunjukkan kepada petugas administrasi, langsung mengecek nomor kartu saya dan saya langsung dilayani,” tutupnya. (r/*)