Polisi Amankan 22 Tersangka Narkoba

0
Kapolres Lotim, AKBP Tunggul Sinatrio, didamping Kasat Resnarkoba Polres Lotim, Iptu I Gusti Ngurah Bagus Suputra konferensi pers pengungkapan narkoba dari bulan April sampai Juli 2021 dengan barang bukti seberat, 71,25 gram, Jumat, 16 Juli 2021.(Suara NTB/yon)

Selong (Suara NTB) – Polres Lombok Timur (Lotim) berhasil menangkap 22 tersangka pengedar dan pemakai narkotika jenis sabu. Pengungkapan ini dari sembilan laporan polisi (LP) yang diterima Polres Lotim dari bulan April sampai Juli 2021 dengan barang bukti seberat 71,25 gram.

Kapolres Lotim, AKBP Tunggul Sinatrio, SIK.,MH, mengatakan, penangkapan terhadap para pelaku tindak pidana narkotika sebagaimana dimaksud dalam Pasal 114 Sub Pasal 112 Pasal 127 Undang-undang RI Nomor 35 Tahun 2009 tentang narkotika di Kabupaten Lotim.

Dalam kasus ini, pasal yang dilanggar oleh para tersangka yaitu menjual, membeli, perantara, memiliki, menyimpan serta menguasai dan memakai sebagaimana dimaksud dalam Pasal 114, Pasal 112, dan 127 Undang-undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika.

Kapolres menyebut, pengungkapan dari Satresnarkoba Polres Lotim ini empat bulan terakhir ini dengan 22 tersangka. Sebanyak 11 tersangka selaku pengedar dan kurir. Sedangkan 11 tersangka selaku pengguna sehingga dilakukan rehabilitasi. Adapun jaringan para tersangka ini beberapa berasal dari luar daerah.

 “Saat ini sedang dalam proses sidik dan kita koordinasi bersama BNNP hingga P21. Jaringan para tersangka ini berbeda-beda, ada yang dari luar daerah,”terang Kapolres dalam konferensi pers, Jumat, 16 Juli 2021.

Pada kesempatan tersebut, Kapolres menyebut beberapa desa dan kelurahan di Kabupaten Lotim sudah membentuk kampung tangguh narkoba dengan adanya peran serta masyarakat sudah membentuk kampung tangguh narkoba dengan hadirnya relawan.

 “Dalam waktu dekat ini akan launching lagi kampung tangguh narkoba di lima desa. Kita berharap relawan semakin banyak dan kasus narkoba semakin tertangani dengan baik, dengan berkoordinasi dengan kepolisian,”pungkas Kapolres. (yon)