Cara Kelurahan Leneng Wujudkan ’’ Zero Waste’’, Galakkan Nabung Sampah, Jadikan Ibu-ibu sebagai Pioner

Praya (Suara NTB) – Kelurahan Leneng Praya Lombok Tengah (Loteng) berkomitmen menjadi daerah bebas sampah, khususnya sampah plastik. Berbagai upaya dilakukan pihak kelurahan setempat, salah satunya dengan mendorong warganya untuk aktif menambung sampah. Mengumpulkan, untuk selanjutnya sampah akan disetor ke bank sampah setempat. Sampah yang ditabung kemudian akan dikonversikan dalam bentuk uang tabungan.

Dengan pola nabung sampah tersebut masyarakat akan semakin bersemangat mengumpulkan sampah rumah tangga. Sehingga kedepan, harapan Kelurahan Leneng menjadi wilayah zero waste alias bebas sampah bisa terwujud. “Dengan menambung sampah ini, masyarakat nantinya juga akan mendapatkan manfaat secara ekonomi,” sebut Lurah Leneng, L. M. Isnaini, Sabtu, 19 Juni 2021.

Isnaini, mengatakan, pihaknya melibatkan para ibu-ibu sebagai pioner dalam program ini. Dan, memang belum seluruh warga ikut dalam program nabung sampah ini. Dimana disetiap lingkungan sementara hanya 10 kepala keluarga (KK) yang dijadikan menjadi sebagai pilot project nabung sampah ini. Yang mana bagi warga yang ikut program nabung sampah langsung menjadi nasabah bank sampah yang dipilih sendiri oleh warga.

“Jadi, disetiap lingkungan kita jadikan 10 pioner atau pilot project penanganan sampah. Rata-rata, adalah ibu-ibu rumah tangga. Dan, kedepan secara berangsur-angsur, seluruh warga akan diupayakan masuk sebagai peserta program nabung sampah ini,” terangnya.

Masing-masing kelompok nanti akan menentukan kapan akan menyetor sampah yang sudah dikumpulkan. Sampah dikumpulkan disatu tempat untuk kemudian ditimbang berat masing-masing sampah yang disetor oleh nasabah bank sampah. Dengan begitu, nasabah tahu berapa jumlah tabungan sampahnya.

Ia mengatakan, program nabung sampah ini sebagai upaya mendorong keterlibatan masyarakat dalam penanganan sampah. Terutama sampah plastik yang saat ini memang jadi salah persoalan yang hampir dialami semua daerah. Masyarakat nantinya tidak hanya mendapat manfaat secara ekonomi, tapi juga manfaat sosial berupa terjaganya kebersihan lingkungan tempat tinggalnya.

“Masalah sampah ini menjadi tanggung jawab kita bersama. Tidak bisa hanya diserahkan kepada pemerintah semata. Dan, pola ini kita harapkan bisa mendorong peran serta masyarakat,” imbuhnya Isnaini. Program ini memang tidak bisa secara langsung berdampak pada persoalan sampah. Namun, paling tidak dengan pola nasabah bank sampah secara perlahan dapat meminimalisir pembuangan sampah secara sembarangan. Dimulai dari dari tatanan masyarakat yang paling kecil, dilingkungan keluarga.

Direktur Bank Sampah NTB PT. Bintang Sejahtera, Syawaludin, SE, menuturkan, kesadaran untuk tidak membuang sampah perlu ditingkatkan. Menjadikan warga sebagai nasabah bank sampah bisa menjadi salah satu cara yang bisa dilakukan. “Selain bisa menangani persoalan sampah, dengan pola ini juga ekonomi masyarakat bisa meningkat. Tanpa disadari kedepan tabungan mereka dari hasil sampah rumah tangga ini menjadi banyak,” ungkapnya.

Diakui, memang tidak serta merta apa yang telah dilakukan tersebut secara langsung bisa menangani persoalan sampah secara menyeluruh. Namun, ketika warga sudah komitmen untuk memilah sampah dimulai dari rumah tangga, maka volume sampah perlahan bisa ditekan.

“Di Kelurahan Leneng ini, sampah yang semula jadi masalah akan kita sulap menjadi berkah. Dari hasil pengumpulan sampah, nantinya warga bisa merasakan manfaatnya. Semua hasil penjualan sampah ini akan masuk ke tabungan warga. Dan, tanpa terasa, kedepan bisa saja hasil tabungan sampah ini dapat memberangkatkan mereka ke tanah suci Mekkah atau minimal bisa dipakai untuk membeli keperluan rumah tangga,” tambah Anjar Siswara, warga setempat. (kir)




Digital Interaktif.

Edisi 1 Januari 1970

Latest Posts

Inilah Model Baju Koko Terbaru Tahun 2022

Model baju koko terbaru selalu muncul hampir di setiap...

Pembangunan Rendah Karbon dan Berketahanan Iklim Harus Terintegrasi dalam Dokumen Perencanaan

Mataram (Suara NTB)-Kementerian BPN/Bappenas terus mendorong pemerintah daerah di...

Jadi Tuan Rumah Berbagai Event Internasional, Bukti Keberhasilan Pembangunan Infrastruktur di NTB

Mataram (suarantb.com)—Terselenggaranya berbagai event internasional di NTB menjadi salah...

Gali Pesan yang Tersirat dan Tersurat Lewat Pameran Wastra

Mataram (Suara NTB) – Pameran wastra NTB resmi dibuka...