Rapik Bersyukur Jadi Peserta JKN-KIS

0
Narasumber: Rapik

Selong (Suaratb.com) – Manfaat Program Jaminan Kesehatan Nasional–Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) membawa angin segar bagi masyarakat Indonesia. Seperti halnya seorang warga Kabupaten Lombok Tengah, Rapik (58) seorang peserta JKN-KIS yang berprofesi sebagai buruh tani di Kabupaten Lombok Tengah. Ia merupakan sekian dari jutaan orang yang telah merasakan manfaat Program JKN-KIS.

Rapik menceritakan pengalamannya yang kerap kali menggunakan JKN-KIS untuk berobat. “Pengalaman saya menggunakan kartu BPJS (JKN-KIS, red) adalah setiap saya sakit. Saya selalu berobat menggunakan JKN-KIS ke Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) tempat saya terdaftar dan allhamdulillah gratis karena sudah menjadi Peserta JKN-KIS,” cerita Rapik.

Lebih lanjut, Rapik menceritakan bahwa ia menderita penyakit diabetes melitus selama enam bulan terakhir dan harus tetap memeriksakan diri di Puskesmas tempatnya terdaftar sebagai peserta. Rapik bersyukur karena adanya Program JKN-KIS, biaya pelayanan kesehatannya seluruhnya ditanggung oleh program yang dikelola BPJS Kesehatan itu.

“Pelayanannya sangat baik. Hebatnya lagi, saya tidak bayar sama sekali. Dulu pernah sakit kencing manis (Diabetes Melitus, red), enam bulan harus tetap kontrol ke Puskesmas dan minum obat yang sudah diresepkan. Jika tidak ada BPJS Kesehatan, saya tidak tahu harus mengeluarkan biaya berapa untuk berobat,” ujar Rapik.

Rapik melanjutkan ceritanya bahwa selama ia berobat di Puskesmas, dirinya sama sekali tidak merasakan kendala pelayanan. Di akhir pembicaraan dengan tim Jamkesnews, Rapik menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada pemerintah karena telah menghadirkan Program JKN-KIS untuk membantu meringankan masyarakat Indonesia akan biaya pelayanan kesehatan.

“Terima kasih kepada pemerintah khususnya kepada BPJS Kesehatan yang terus berkomitmen dalam memberikan pelayanan yang baik kepada masayarakat, sehingga banyak dari mereka yang merasa sangat terbantu dalam mengakses layanan kesehatan. Harapannya, semoga BPJS Kesehatan selalu hadir untuk masyarakat Indonesia dan terus memberikan kebaikan kepada peserat JKN-KIS,” tutup Rapik. (r/*)