Tips Aman dan Nyaman Liburan Sekolah Saat Pandemi

Liburan sekolah sebentar lagi. Apakah Anda memiliki rencana membawa keluarga liburan singkat untuk melepaskan stres dan refreshing? Ya, momen liburan sekolah bisa jadi waktu tepat untuk berlibur bersama keluarga. Anda pun bisa mengambil cuti bekerja agar tak kehilangan momen bersantai dengan anak.

Sama seperti orang dewasa, anak-anak pun akan merasa jenuh dengan rutinitas belajar online selama pandemi ini. Yuk berikan sedikit kejutan untuk mereka dengan mengajak jalan-jalan! Tentunya dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

Berikut ada tips aman dan nyaman liburan sekolah di masa pandemi yang perlu Anda perhatikan agar rencana liburan sekolah bisa berjalan lancar dan tetap aman.

  1. Persiapkan jauh-jauh hari

Liburan sekolah biasanya jatuh pada bulan Juni dan Anda perlu melakukan persiapan liburan tersebut jauh-jauh hari atau mulai dari sekarang.

Mulai dari memilih kota tujuan, memilih tempat akomodasi, membuat itinerary liburan yang seru dan aman hingga persiapan list barang-barang yang wajib dibawa agar liburan tetap aman dan nyaman.

  1. Pilih kota zona hijau dari COVID-19

Karena kondisi pandemi yang masih terus berjalan hingga kini Anda harus sangat hati-hati memilih kota tujuan wisata karena ada banyak yang masuk zona merah yang artinya memiliki tingkat penularan dan kasus aktif yang tinggi. Anda harus update dengan berita perkembangan virus corona di Indonesia, termasuk kota mana saja yang aman dikunjungi alias sudah masuk zona hijau atau malah berubah menjadi zona merah.

Selain karena untuk menghindari paparan virus, kota yang masuk zona merah juga seringkali memberlakukan peraturan ketat atau pembatasan berskala mikro di daerahnya yang bisa saja membuat banyak tempat wisata malah tutup.

Tak perlu ke kota yang terlalu jauh karena persyaratan perjalanan yang lumayan ketat saat ini. Anda bisa pilih liburan naik bus ke kota terdekat. Lebih terjangkau dan tetap nyaman juga meski membawa anak-anak. Untuk antisipasi harga tiket bus yang naik saat musim liburan, Anda bisa cari tiket bus online di Traveloka sekarang juga agar biaya liburan bisa lebih diukur.

  1. Buat itinerary ke tempat wisata ramah anak

Jika sudah memutuskan kota tujuan liburan nantinya, maka selanjutnya adalah membuat itinerary tujuan wisata yang ingin dikunjungi. Ada baiknya pilih tempat wisata alam yang tak hanya menawarkan pemandangan indah, tetapi juga punya area yang luas bagi anak untuk berlari kesana kemari dan sirkulasi udaranya bagus untuk meminimalisir paparan penyakit saat berlibur.

Untuk menghindari kontak fisik dengan orang lain, Anda bisa membeli tiket masuk ke tempat wisata di kota tujuan secara online mulai dari sekarang. Dengan begitu nantinya Anda tinggal datang saja ke tempat wisata tersebut, tunjukkan e-tiket yang sudah dibeli dan bisa langsung masuk dan menikmati keindahan tempat wisata tersebut tanpa harus mengantri beli tiket on the spot.

  1. Buat list barang yang harus dibawa

Selain pakaian, Anda harus membuat list barang yang harus dibawa karena liburan bersama anak, terutama jika masih kecil seperti usia sekolah dasar, ada banyak printilan yang harus dibawa.

Pastikan masker, hand sanitizer serta desinfektan permukaan dan kain masuk dalam barang bawaan Anda. Selain itu bawa juga obat-obatan untuk penyakit yang mudah muncul saat perjalanan darat, seperti obat anti mabuk darat, obat demam, pusing, diare maupun minyak kayu putih / minyak telon.

Anda juga perlu membawa alat mandi, makan dan peralatan ibadah dari rumah untuk meminimalisir kemungkinan terpapar virus ini selama liburan. Barang-barang ini sudah harus dipacking paling tidak sehari sebelum tanggal berangkat agar tidak ada yang tertinggal karena waktu packing yang mepet dengan waktu berangkat ke luar kota.

  1. Persiapkan anak dengan peraturan baru di saat pandemi

Liburan tentu jadi momen menyenangkan untuk semua usia. Tapi liburan saat ini dengan sebelum pandemi tentu ada banyak perubahan. Jika orang dewasa tentu sudah paham dengan situasi ini, tapi terkadang anak-anak masih terus berusaha beradaptasi dengan banyaknya peraturan baru di masa pandemi ini, terutama untuk hal bepergian.

Anda harus mulai mengkomunikasikan kepada anak tentang aturan-aturan baru yang harus dipatuhi saat keluar kota. Mulai dari pemakaian masker yang wajib untuk semua usia, harus sering-sering mencuci tangan atau pakai hand sanitizer dan harus menjaga jarak dengan orang lain serta menghindari kerumunan.

Anda juga harus memberi tahu anak untuk tidak sering-sering menyentuh maskernya dengan tangan, atau menyentuh mata, mulut dan hidung dengan tangan kotor. Selain itu Anda juga memberi pengertian tentang tata cara bepergian naik kendaraan umum saat pandemi beserta protokol kesehatan yang harus dipatuhi.

Demikianlah beberapa tips yang perlu Anda perhatikan jika ingin membawa anak-anak refreshing ke luar kota di momen liburan sekolah nantinya. Dengan merencanakan liburan dengan teliti dan juga menyeluruh, liburan di saat pandemi bukan hal yang mustahil dan Anda beserta keluarga pun tetap bisa bersenang-senang meski ada batasan.

Namun Anda dan keluarga tetap wajib menjalankan protokol kesehatan untuk kesehatan dan keselamatan Anda sekeluarga selama liburan dan setelahnya. Selamat berlibur nyaman dengan keluarga! (r)

amman




Digital Interaktif.

Edisi 1 Januari 1970

Berdayakan 11 Ribu Klaster Usaha, BRI Perkuat Komitmen Bawa UMKM Naik...

0
Jakarta (suarantb.com) – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk secara konsisten mendorong pelaku UMKM meningkatkan skala bisnisnya. Bertepatan dengan Hari Kemerdekaan yang ke-77 Republik...

Latest Posts

Berdayakan 11 Ribu Klaster Usaha, BRI Perkuat Komitmen Bawa UMKM Naik Kelas

Jakarta (suarantb.com) – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk...

Bang Zul Apresiasi Masjid Sederhana di Desa Wakan

Mataram (Suara NTB) – Menyapa langsung masyarakat Nusa Tenggara...

Lagu Sasak Masuk Kompilasi Video Musik Wonderland Indonesia 2

Mataram (Suara NTB) - Lagu Sasak “Lalo Ngaro” dari...

1.856 Rumah di Kota Bima Masih Kumuh

Kota Bima (Suara NTB) - Dinas Pekerjaan Umum dan...

Bupati Lobar Promosikan Wisata Olahraga Bersepeda di Senggigi

Giri Menang (Suara NTB) - Keindahan alam dan pantai...