Tingkat Partisipasi Peserta Tes SPAN UIN Mataram Capai 95 Persen

0
Rektor UIN Mataram H Mutawali bersama WakilRektorBidang Akademik H. Masnun Tahir memantau pelaksanaan ujian di hari ketiga. Kamis, 27 Mei 2021. (Suara NTB/ist)

Mataram (Suara NTB) – Universitas Islam Negeri (UIN) Mataram menggelar Seleksi Prestasi Akademik Nasional (SPAN) Ujian Masuk (UM) dengan menggunakan Sistem Seleksi Elektronik (SSE) UM-PTKIN.

Bagi seluruh calon mahasiswa baru di lingkungan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) yang mendaftar melalui jalur UM-PTKIN 2021, mereka harus mengikuti ujian Sistem Seleksi Elektronik. Memasuki hari ketiga pelaksanaan tes,

Rektor UIN Mataram Prof. H. Mutawali, saat memantau pelaksanaan ujian hari ketika menyapa seluruh pimpinan PTKIN melalui ruang panitia. Selanjutnya menyampaikan apresiasi dan terimakasih kepada seluruh panitia lokal UIN Mataram, dan juga panitia pusat yang telah sukses berkolaborasi menggelar ujian daring ini dengan tingkat partisipasi di atas 96 persen secara nasional.

Sementara itu, Ketua Panitia Lokal Prof. Masnun, memastikan seluruh proses pelaksanaan ujian sejak hari pertama hingga ketiga ini berjalan lancar. Meski sempat terjadi beberapa kendala teknis yaitu beberapa peserta mengalami gangguan sinyal, namun kendala tersebut dapat teratasi dengan baik.

Wakil Rektor I itu juga menegaskan bahwa tingkat partisipasi peserta ujian SSE UIN Mataram tahun ini mengalami lonjakan. Berdasarkan data tahun lalu tingkat partisipasi peserta ujian sekitar 89 persen dan kali ini tingkat partisipasi peserta berada di angka 95 persen.

Selanjutnya Prof. Masnun yang juga merupakan KetuaForum Wakil RektorBidang Akademik Se-Indonesia menyampaikan apresiasi kepada seluruh pimpinan, terutama sekali para wakil rektor/ketua bidang akademik yang telah berjibaku untuk menjadi garde terdepan dalam proses SSE ini.

Selaku ketua forum tentu ini adalah menjadi satu bentuk keberhasilan dari komitmen bersama dengan telah mampu menunjukkan progres peningkatan yang signifikan dari proses pelaksanaan SSE tahun sebelumnya.

Selaras dengan apa yang disampaikan oleh panitia pusat bahwa tingkat partisipasi nasional SSE tahun ini berada di angka 96 persen, jauh lebih bagus dari posisi tahun sebelumnya yaitu di tingkat partisipasi yaitu 89 persen dengan berbagai kendala. “ Alhamdulillah progres SSE tahun ini sangat bagus,” jelasnya. (dys)