Bahas Mutasi, Gubernur dan Wagub Panggil Baperjakat

0
Muhammad Nasir (Suara NTB/dok)

Mataram (Suara NTB) – Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah, S.E., M.Sc., dan Wakil Gubernur NTB, Dr. Ir. Hj.  Sitti Rohmi Djalilah, M.Pd., memanggil Badan Pertimbangan Jabatan dan Kepangkatan (Baperjakat), Kamis, 25 Maret 2021. Ketua Baperjakat yang juga Sekda NTB, Drs. H. Lalu Gita Ariadi, M.Si bersama Kepala BKD NTB, Drs. Muhammad Nasir menghadap ke ruang kerja Gubernur.

Sekda NTB, Drs. H. Lalu Gita Ariadi, M. Si., yang dikonfirmasi terlihat berbicara serius dengan Kepala BKD NTB, Drs. Muhammad Nasir. Ketika dikonfirmasi, Sekda langsung bergegas ke ruang kerjanya.

Kepala BKD NTB, Drs. Muhammad Nasir yang dikonfirmasi juga enggan menjawab. ‘’Silakan tanya ke Pak Sekda,’’ kata Nasir.

Informasi yang diserap Suara NTB, pemanggilan Baperjakat oleh Gubernur dan Wagub salah satunya membahas tentang mutasi pejabat. Apalagi, hasil seleksi terbuka terhadap sembilan Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (JPTP) atau Kepala OPD sudah diserahkan ke Gubernur.

Nasir enggan menjawab apakah mutasi akan dilaksanakan Jumat, 26 Maret 2021 hari ini sesuai jadwal yang telah dibuat saat pelaksanaan seleksi sembilan jabatan Kepala OPD.

Sebelumnya, Nasir mengatakan untuk pelantikan sembilan Kepala OPD hasil lelang jabatan, Pemprov masih menunggu rekomendasi dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN). Hasil seleksi yang dilakukan Pansel sudah disampaikan ke KASN, Rabu, 24 Maret 2021.

Selain menyerahkan hasil Pansel ke Gubernur. Nasir mengatakan hasil seleksi terbuka terhadap sembilan jabatan tinggi pratama tersebut juga dilaporkan ke KASN. Selanjutnya, KASN akan mengeluarkan rekomendasi.

Selain pelantikan terhadap sembilan kepala OPD, rencananya, kata Nasir, juga pelantikan dan pengukuhan pejabat eselon III dan IV. Namun, kata Nasir, pihaknya masih menunggu arahan dari pimpinan. Pihaknya hanya menyiapkan jika sewaktu-waktu diminta oleh pimpinan untuk pengisian jabatan eselon III dan IV yang masih banyak lowong.

Seleksi terbuka sembilan jabatan kepala OPD Pemprov NTB diikuti sebanyak 50 pejabat yang dinyatakan lulus seleksi administrasi. Dari sembilan jabatan kepala OPD yang diseleksi terbuka, hanya jabatan Direktur RSUD NTB yang diikuti dua pendaftar.

Dua pejabat yang akan bersaing memperebutkan kursi Direktur RSUD NTB adalah Wakil Direktur Pelayanan RSUD NTB, dr. H. Agus Rusdhy Hariawan, Sp.OG (K), MARS., dan Direktur RSUD Kota Mataram, dr. H. Lalu Herman Mahaputra.

Untuk jabatan Kepala Dinas Dispora, ada 5 pejabat yang lolos seleksi administrasi. Antara lain, Anang Zulkarnain, S.H., Lalu Fatanah, S.Sos., M.M., Moh. Ikhwan, S.H., M.M., Salman, S.T., M.Pd., dan Drs. H. Surya Bahari.

Kemudian, jabatan Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakeswan) NTB, ada tiga pejabat lolos seleksi administrasi. Antara lain, Drh. Khairul Akbar, M.Si., Khairul Hadi, SP., M. Si dan Iskandar Zulkarnain, S.Pt., M.Si.

Sedangkan untuk jabatan Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, ada 10 pejabat yang lolos seleksi administrasi. Mereka adalah H. Amir, S.Pd., M.Pd., Chairy Chalidyanto, S.Sos., Dra. Hj. Fitriah Hualid, S.Sos., M.Si., Julmansyah, S.Hut., M.AP., Dr. Lalu Basuki Rahman, S.Pd., M.Pd., Dr. Drs. H. Muhtadi Hairi, M.Pd., Drs. Saleh, M.M., Supratman Muslim MZ, S.Pd., M.Pd dan Yus Harudian Putra, S.STP.

Untuk jabatan Kepala Dinas Perumahan dan Permukiman (Disperkim) NTB, sebanyak tiga pejabat yang lolos seleksi administrasi. Yaitu, Jamaluddin, S.Sos., M.T., Ir. Hj. Lies Nurkomalasari, M.T., dan Ir. Mohammad Agus Sykrapaty Ekaputra, M.T.

Untuk jabatan Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan (Distanbun), sebanyak enam pejabat yang lolos seleksi administrasi. Yaitu, Dr. H. Ahmad Fathoni, SP., M. T., Ir. Lalu Saladin Jufri, M. Si., Mursal, SP., M.Si., Muhammad Riadi, SP., M.Ec.Dev., Ir. Sri Wijayaningsih, M. Si., dan Sugiarta, S.Pi., M.Pd., M. Si.

Sementara, untuk jabatan Kepala Biro Pemerintahan dan Otda Setda NTB, sebanyak tujuh pejabat lolos seleksi administrasi. Yaitu, H. A. Aziz, S.H., M.H., Baiq Zuhar Parhi, S.H., M.H., Bowo Susatyo, S.Sos., M.T., Lalu Amjad, S.H., M.H., Muhamad Erwan, S.STP., Subhan Hasan, S. Sos dan Drs. Sufyan.

Untuk jabatan Kepala Biro Administrasi Pembangunan Setda NTB, sebanyak enam pejabat yang lolos seleksi administrasi. Yaitu, Ir. H. Ahmadi, SP-1., Farida Rahmi, S.T., M.T., Karim Marasabessy, S.Pi., M.M., H. Muhammad Fauzan, S.Ag., M.Pd., Muhammad Tasywieuddin, S.Pi., M.Si., dan Silaturrahman, SP., M.T.

Sedangkan untuk jabatan Kepala Biro Perekonomian, sebanyak delapan pejabat yang lolos seleksi administrasi. Antara lain, Dewi Ritawati, S.E., M.M., Hj. Eva Dewiyani, SP., Ir. Lalu Muhammad Novian Althurrizal, M. Si., H. Mahmud AKS, M. Si., M. Zuhudy Kadran, S.STP., M.M., Muslim, S.T., M. Si., Samsuddin, S. Hut., M. Si., dan Ir. Yuliadi Ismono, M. Si. (nas)