Pastikan Layanan JKN-KIS Tanpa Kendala, BPJS Kesehatan Cabang Selong Kunjungi Puskesmas Pringgasela

0
Kunjungan BPJS Kesehatan Cabang Selong ke Puskesmas Pringgasela.

Selong (suarantb.com) – Untuk memastikan pemberian layanan JKN-KIS berjalan optimal, BPJS Kesehatan Cabang Selong menyambangi Puskesmas Pringgasela, pada Jumat, 12 Maret 2021. Kepala Bidang Penjaminan Manfaat Primer BPJS Kesehatan Cabang Selong, Ni Putu Eka Satya Dewi mengatakan, kunjungannya kali ini untuk mengetahui adanya kemungkinan permasalahan yang terjadi di Puskesmas Pringgasela terhadap pemberian pelayanan Program JKN-KIS.

“Kegiatan ini dilakukan untuk memastikan layanan kepada peserta JKN-KIS dapat dilakukan secara optimal dan untuk mengetahui jika ada kendala yang dihadapi fasilitas kesehatan dalam memberikan pelayanan kepada peserta JKN-KIS. Kami mengunjungi Puskesmas Pringgasela karena puskesmas ini telah pindah lokasi ke gedung baru dan ingin memastikan layanan JKN-KIS dapat berjalan baik,” ujar Eka.

Eka yang ditemui saat kunjungannya menyampaikan bahwa di Puskesmas Pringgasela terdapat kendala berupa adanya data layanan peserta yang masih belum selesai pada aplikasi P-Care, sehingga diharapkan data tersebut dapat diselesaikan dalam minggu ini.

“Masih ada data layanan peserta yang menggantung dalam aplikasi P-Care dan belum diproses, sehingga pada aplikasi terbaca masih ada layanan di pendaftaran, padahal layanan tersebut sudah selesai dilakukan dan data yang masih menggantung ini berdampak pada rasio rujukan di Puskesmas akan terlihat tinggi,” tambah Eka.

Eka berharap permasalahan yang timbul di Puskesmas Pringgasela itu dapat diselesaikan pada minggu ini. Dirinya mendorong agar dapat dilakukan monitoring dan evaluasi dengan menggunakan data yang benar sesuai data yang diinput secara real time oleh petugas di Puskesmas.

Ditemui pada tempat yang sama, Kepala Puskesmas Pringgasela, Kembun Arif menyatakan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada BPJS Kesehatan Cabang Selong karena telah berkunjung ke Puskesmas Pringgasela. Arif menyampaikan pihaknya akan terus berkomitmen untuk terus memberikan layanan optimal kepada Peserta JKN-KIS sehingga dapat meningkatkan kepuasan peserta terhadap pelayanan yang diberikan Puskesmas kepada masyarakat, khususnya peserta JKN-KIS.

“Terima kasih BPJS Kesehatan telah mengunjungi kami. Kami baru saja pindah gedung, hal ini menjadi salah satu kendala kami dalam hal jaringan internet yang masih sering terjadi gangguan dan mengenai data layanan peserta yang masih menggantung pada aplikasi P-Care, akan segera kami selesaikan,” ujarnya. (r/*)