2021, Pemprov NTB Berencana Bangun Pabrik Pakan di Bima

Ilustrasi pemeliharaan ternak di NTB. (Suara NTB/yon)

Bima (Suara NTB) – Pemprov NTB tahun 2021 mendatang berencana akan membangun pabrik pakan ternak di wilayah Kabupaten Bima. Bahkan anggaran untuk pembangunannya telah disiapkan.

Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah SE mengaku munculnya rencana pembangunan pabrik pakan, lantaran warga NTB khususnya Bima banyak menanam jagung dan memiliki hewan ternak.

Iklan

“Selama ini jagung kita lebih banyak dijual mentah. Padahal jagung dijadikan pakan ternak dan dijual kembali ke kita,” katanya.

Menurutnya selama ini jagung dari NTB banyak dijual atau dikirim keluar daerah bahkan sampai keluar negeri. Namun setelah beberapa minggu kemudian, datang pakan hewan ternak yang bahannya dari jagung tersebut.

“Penggemukan hewan ternak membutuhkan pakan dan itu tidak ada disini. Pakan harus kita datangkan dari luar,” katanya.

Selain itu jika petani terus berkutat menjual jagungnya ke luar daerah dengan mentah, pria yang akrab disapa Bang Zul ini meyakini, para petani akan terus ketinggalan dan miskin. “Untuk itu perlu kita pikirkan dan merubah cara pandang kita agar bisa mengolah hasil pertanian dengan dijadikan pakan,” katanya.

Salah satu contoh tambah dia, motor listrik dari Bima bukan saja untuk gaya-gaya. Namun untuk mengubah cara pandang. Kata dia, yang terpenting saat ini semua pihak saling berkolaborasi, saling menghargai dan mendukung. Bukannya saling menjatuhkan. “Sekarang bukan jaman lagi gertak orang dan sedikit-dikit tutup jalan,” pungkasnya. (uki)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here