2021, BWS Bangun IPA PDAM di Area Bendungan Mila

Agus Supandi. (Suara NTB/Jun)

Dompu (Suara NTB) – Balai Wilayah Sungai (BWS) Nusa Tenggara I, akan membangun Instalasi Pengolahan Air (IPA) PDAM di area Bendungan Mila. Proyek dalam proses tender tersebut, rencananya diekseskusi tahun 2021. Dengan desain yang sedikit berbeda fasilitas ini diharap mampu mengoptimalkan pelayanan, pun memperkecil resiko terhambat bencana alam.

Direktur PDAM Dompu, Agus Supandi, SE., kepada Suara NTB mengakui, tahun depan pihaknya mendapat bantuan pembangunan fasilitas IPA untuk pengembangan usaha pelayanan air bersih. “Kita dapat di 2021, itu nanti dikerjakan BWS untuk 100 liter per detik,” ungkapnya.

Selain instalasi pengelohan air, pada lahan seluas satu hektar yang telah dibebaskan di sebelah timur area pasrkir saat ini, akan terbangun banyak bak pengendapan untuk meringankan beban operasional.

Titik itu, lanjut Agus Supandi, sengaja dipilih untuk mengejar elevansi, sehingga ribuan pelanggan pada beberapa Desa/Kelurahan dapat terlayani secara maksimal, seperti misalnya di Monta Baru, Matua, Baka Jaya, Nowa dan sekitarnya. “Kalau IPA Selaparang, cukup untuk wilayah Kandai II dan sekitarnya,” jelas dia.

Mengingat proyek tersebut masih dalam proses tender, besar kemungkinan baru bisa dieksekusi kontraktor pemenang tahun 2021.

Dukungan sarana prasana pengembangan usaha berupa IPA dari BWS ini, disadarinya, tidak cukup tanpa ada kelengkapan lain, seperti misalnya jaringan perpipaan menuju daerah sasaran. Namun demikian, kebutuhan tersebut sudah ada kepastian penganggarannya dari pemerintah daerah lewat APBD II.

“Seperti di Monta Baru, dulu kita punya pipa disana tapi akibat pelebaran jalan sudah hancur semua. Itu nanti tugasnya APBD II untuk membangun, tapi itu sudah disetujui dan kita usulkan berserta gambar-gambarnya untuk menyambut dukungan BWS,” pungkasnya. (jun)