Data Terbaru Rekapitulasi KPU untuk Pilkada Loteng, Ini Hasilnya

0
Tangkapan layar perolehan suara pasangan calon di Pilkada Lombok Tengah yang ditampilkan pada laman resmi Sirekap KPU RI.(Suara NTB/ist)

Praya (Suara NTB) – Hingga Kamis malam, 10 Desember 2020, data perolehan suara dari 670 Tempat Pemungutan Suara (TPS) sudah ditampilkan dalam situs resmi Sistem Informasi Rekapitulasi (Sirekap) KPU RI. Hasilnya cukup memperlihatkan keunggulan yang cukup lebar dalam kontestasi di Kabupaten Lombok Tengah.

Berdasarkan data tersebut, Pasangan H. L. Pathul Bahri, S.IP. – Dr. H.M. Nursiah, S.Sos.M.Si., masih tetap unggul dalam hal perolehan suara pada Pilkada Lombok Tengah (Loteng) tahun 2020. Dari 670 TPS yang datanya sudah masuk dari 2.032 TPS di seluruh Loteng, pasangan Pathul-Nursiah meraih 37,6 persen suara. Diikuti kemudian pasangan H. Masrun – H. Habib Ziadi, dengan 29,5 persen suara.

Pasangan nomor urut 4 tersebut sudah mengumpulkan 63.170 suara. Sedangkan pasangan Masrun-Habid, mengumpulkan 49.642 suara. Diposisi ketiga ada pasangan nomor urut 2, Ahmad Ziadi – Ir. L. Aswatara 27.142 suara atau 16,7 persen. Disusul pasangan nomor urut 1, Hj. Lale Prayatni – H. Sumum, S.H.S.Pd.M.Pd., dengan 13,4 persen atau 22.571 suara. Sementara pasangan nomor urut 5 sudah mengumpulkan 4.539 suara atau hanya 2,7 persen suara.

“Data perolehan suara di Sirekap ini hanya sebagai alat bantu saja. Untuk memonitor perolehan suara. Tapi perolehan suara resmi tetap berdasarkan hasil rekapitulasi suara dimasing-masing jenjang. Mulai dari KPPS direkap di PPK dan terakhir di pleno di kabupaten,” aku Ketua KPU Loteng, L. Darmawan, sebelumnya.

Ia menjelaskan, proses rekapitulasi perolehan suara tingkat kecamatan saat ini tengah dalam persiapan. Dan, direncanakan akan berlangsung hingga tanggal 14 Desember mendatang. Adapun rekapitulasi tingkat kabupaten direncanakan antara tanggal 13 sampai 17 Desember mendatang.

“Sekarang kita sedang persiapan untuk pleno rekapitulasi perolehan tingkat kecamatan. Rencana besok Jumat teman-teman PPK sudah mulai pleno rekapitulasi perolehan suara,” ujarnya seraya menambahkan, semua logistik Pilkada Loteng saat ini sudah berada dimasing-masing PPK.

Terkait hasil perolehan suara sementara Pilkada Loteng, Kapolres Lombok Tengah AKBP Esty Styo Nugroho, S.I.K., mengingatkan sekaligus menghimbau pasangan calon, pendukung, simpatisan dan tim sukses pemenang sementara Pilkada Loteng untutk tidak melakukan konvoi dalam jumlah besar.
Karena euforia yang berlebihan dikhawatirkan bisa menimbulkan gangguan keamanan.

“Di tengah maraknya pandemi covid-19 ini, kami menghimbau masyarakat tak melakukan konvoi untuk merayakan kemenangan paslon di jalan atau di tempat-tempat yang menimbulkan kerumunan massa. Tetap mematuhi protokol kesehatan,” ujar Esty. (kir)