Penularan Covid-19, Waspada Klaster Pilkada dan Libur Akhir Tahun

0

Mataram (Suara NTB) – Pemkot Mataram menekankan masyarakat agar mewaspadai potensi penyebaran virus corona (Covid-19), khususnya setelah pelandaian eskalasi kasus berhasil dicapai beberapa minggu terakhir. Potensi penyebaran yang paling menjadi sorotan adalah proses pemilihan umum kepala daerah (Pilkada) pada 9 Desember mendatang dan perayaan pergantian tahun pada 31 Desember mendatang

“Kita mau masyarakat tetap melaksanakan protokol kesehatan. Pelandaian (kasus Covid-19) yang sekarang ini sudah bisa tercapai, jangan sampai muncul lagi klaster baru seperti klaster dari (perayaan) pergantian tahun,” ujar juru bicara Satgas Covid-19 Kota Mataram, I Nyoman Suwandiasa, Minggu, 6 Desember 2020.

Menurut Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Mataram tersebut, antisipasi libur akhir tahun telah disosialisasikan juga ke tingkat kecamatan dan kelurahan. “Kita sudah siapkan (antisipasinya). Yang jelas, ini kan pengulangan dari (antisipasi) libur panjang (Oktober) kemarin. Apalagi liburan akhir tahun ini juga tidak sepanjang skenario awal. Jadi kita tetap gunakan penerapan protokol kesehatan seperti sebelumnya,” jelas Nyoman.

Di sisi lain, pihaknya juga tetap melakukan penegakan untuk Peraturan Daerah (Perda) Nomor 7/2020 dan Peraturan Walikota (Perwali) Nomor 34/2020. Salah satunya melalui razia masker yang rutin digelar oleh Satpol PP Kota Mataram bersama-sama dengan Satpol PP Provinsi NTB.

Dicontohkan seperti razia masker yang dilakukan di Jalan Sandubaya pada Sabtu, 5 Desember 2020. Di mana petugas gabungan Satpol PP berhasil menjaring 48 orang pelanggar perda, dengan rincian 36 orang menjalani sanksi sosial dan 12 orang menjalani sanksi administrasi.

“Kalau untuk Pilkada, kita dari awal sudah berkoordinasi dengan KPU dan Bawaslu, terutama bagaimana penyelenggaraan Pilkada ini tidak menyebabkan klaster baru,” jelas Nyoman. Untuk itu, pihaknya terus memantangkan koordinasi untuk memastikan penerapan protokol kesahatan tersebut, terutama mendekati hari pencoblosan di 9 Desember mendatang. (bay)