Warga Amerika Diduga Selundupkan Ganja Demi Pesta Ultah Istri

0
Penggeledahan di kamar penginapan WNA Amerika Serikat diduga selundupkan ganja di Sekotong, Lombok Barat, Jumat, 6 November 2020.

Mataram (Suara NTB) – Polda NTB menangkap seorang warga negara asing asal Amerika Serikat, JDS, Jumat, 6 November 2020. Pelancong ini diduga menyelundupkan sabu ke Sekotong, Lombok Barat. Alasannya, untuk perayaan ulang tahun istri.

“Barang bukti ini ada di dalam tas ransel yang disimpan di dalam mobilnya,” kata Dirresnarkoba Polda NTB Kombes Pol Helmi Kwarta Kusuma Putra di sela pemeriksaan usai penangkapan.

Pelaku JDS diamankan di Lembar, Lombok Barat Jumat, 6 November 2020 sekitar pukul 12.30 Wita. Pria ini baru saja keluar dari minimarket tak jauh dari Pelabuhan Lembar.

Penangkapan JDS ini merupakan pengembangan dari penangkapan, LS tiga jam sebelumnya. LS ini seorang pria yang merupakan sopir JDS. LS menjemput JDS di Lembar. Sebelumnya, di ke kantor jasa pengiriman paket kilat di Mataram. “Dia disuruh mengambil barang,” kata Helmi.

JDS ikut ditangkap ketika LS datang menjemput. Mobil itu digeledah. Ditemukan enam amplop berisi ganja yang baru diambil dari ekspedisi pengiriman tersebut. “Ada juga tiga botol cairan yang isinya butiran kristal,” beber Helmi.

Berdasarkan penangkapan tersebut, tempat tinggal sementara JDS di Sekotong, Lombok Barat turut digeledah. Tetapi tidak ditemukan barang bukti terkait narkoba. Akhirnya, amplop isi ganja dan botol cairan kristal diamankan.

Helmi mengaku belum dapat memastikan cairan kristal itu merupaan narkoba atau bukan. atau serupa Methampetamin pada sabu. “Kita cek dulu ke ahli untuk memastikan kandungan narkobanya,” ujarnya.

JDS sedang menjalani pemeriksaan di Mapolda NTB. Hasil tes urine belum keluar. Pengakuan singkatnya dipakai untuk berkilah. Diantaranya paket isi ganja itu bukan miliknya. Melainkan istrinya.

Paket ganja itu diakuinya dikirim mertuanya. Paket dikirim dengan tujuan istri JDS. “Itu hadiah ulang tahun istri saya,” ucap JDS berdalih. Sembari menambahkan, dirinya sudah menyiapkan sebuah pesta ulang tahun sekaligus pesta ganja. (why)