Pelanggar Protokol Covid-19 Masih Tinggi

0
Kegiatan patroli yustisia yang dilakukan untuk memperkuat penerapan disiplin dan penegakan protokol Covid-19 di Sumbawa.(Suara NTB/ist)

Sumbawa Besar (Suara NTB) – Aparat gabungan gencar melakukan patroli yustisi terhadap penerapan disiplin dan penegak hukum protokol covid-19 di Kabupaten Sumbawa. Dari patroli ini, diketahui masih banyak pelanggar protokol covid yang terjaring.

Seperti halnya patroli gabungan yang dilakukan Satpol PP Kabuaten Sumbawa bersama Polri pada Sabtu, 3 Oktober 2020 pukul 21.00 Wita. menyasar dua zona. Dari dua lokasi zona yang disasar, terdapat sebanyak 87 pelanggar terjaring.

Kasat Pol PP  Kabupaten Sumbawa, H. Sahabuddin, S.Sos., M.Si kepada wartawan membenarkan hal tersebut. Patroli yustisi yang dilaksanakan dalam rangka penegakan Perbup No. 43 Tahun 2020 tentang Penerapan Disiplin dan Penegakan Hukum protokol covid 19. Dilakukan di dua zona, yakni zona timur (wilayah dalam kota) depan Kantor Bupati, Kecamatan Sumbawa, dan zona barat (wilayah cafe-cafe dan Pantai Jempol) Kecamatan Labuhan Badas. “Total pelanggar sebanyak 87 orang. Rinciannya 13 pelanggar di zona barat dan 74 di zona timur,” ujarnya.

Terhadap pelanggar, untuk zona barat, diberikan denda administrasi 1 orang Rp 150 ribu dan sanksi sosial 12 orang. Sedangkan zona kota diberikan denda administrasi 1 orang Rp 150 ribu, sanksi sosial 65 orang, dan teguran lisan (SP.1) 8 orang. “Patroli berjalan aman, tertib dan lancar,” jelasnya.

Patroli yustisi ini, lanjutnya, akan terus digencarkan ke depannya. Harapannya masyarakat dapat mematuhi protokol kesehatan yang dianjurkan pemerintah. Sehingga dapat memutus mata rantai penyebaran covid-19 di Kabupaten Sumbawa. (arn/ind)