Ada 10.101 Guru Honorer SMA/SMK, Pemprov NTB Hanya Siapkan Insentif untuk 3.200 Guru Non PNS

Mataram (Suara NTB) – Pemprov NTB melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) mencatat jumlah guru honorer atau non PNS di jenjang pendidikan SMA/SMK di NTB, baik negeri dan swasta sebanyak 10.101 orang tersebar di seluruh kabupaten/kota. Dari jumlah tersebut, sebanyak 5.315 guru non PNS berada di SMA/SMK Negeri yang berada di bawah Dinas Dikbud NTB.

Dari 5.315 guru non PNS tersebut, Pemprov NTB akan memberikan insentif sebesar Rp500 ribu kepada 3.200 guru non PNS. Namun, data sebanyak 3.200 guru non PNS atau pegawai tidak tetap (PTT) ini dilakukan verifikasi lagi oleh Kantor Cabang Dinas (KCD) Dinas Dikbud NTB yang berada di kabupaten/kota.

‘’Itu diverifikasi lagi, siapa tahu, itu ada yang keluar. Atau ada juga yang sudah diterima sebagai PNS. Karena kaitan dengan verifikasi ini, kita akan berikan mereka insentif Rp500 ribu perbulan kepada PTT,’’ ujar Sekretaris Dinas Dikbud NTB, Drs. H. Muhtadi Hairi, M. Pd., dikonfirmasi di Kantor Dinas Perpustakaan dan Arsip (Dispusip) NTB, Rabu, 30 September 2020 siang.

Ia mengatakan, pemberian insentif tersebut tanpa melihat latar belakang pendidikan. Meskipun ada PTT yang  tamatan SMP, SMA/SMK atau sarjana, besar insentif yang diberikan tetap sama, yaitu sebesar Rp500 ribu per bulan.

‘’Insentif ini untuk PTT yang ada di sekolah SMA/SMK dan SLB negeri. Sekitar 3.200  orang data kita. Itulah yang saat ini kami verifikasi ke masing-masing KCD. Insentif ini dari APBD,’’ ucapnya.

Ia menyebutkan, baru 3.200 orang guru non PNS yang akan diberikan insentif tahun ini. Sedangkan sisanya, jika ada penambahan maka akan diberikan pada 2021 mendatang.

Muhtadi merincikan, total jumlah tenaga kependidikan di SMA/SMK/SLB negeri di NTB sebanyak 14.260 orang. Terdiri dari guru PNS sebanyak 5.994 orang, guru non PNS 5.315 orang, tata usaha PNS 799 orang dan tata usaha non PNS 2.152 orang.

Sedangkan tenaga kependidikan di SMA/SMK/SLB swasta di NTB sebanyak 5.419 orang. Terdiri dari guru PNS 184 orang, guru non PNS 4.786 orang, tata usaha PNS 2 orang dan tata usaha non PNS sebanyak 447 orang. (nas)



Digital Interaktif.

Edisi 1 Januari 1970

Tingkatkan Kompetensi Sales People, AHM Gelar Mash Up Community Contest

0
Mataram (suarantb.com)-Meningkatnya penjualan sepeda motor Honda yang disertai juga dengan banyaknya komunitas-komunitas sepeda motor yang terus berkembang, menjadikan sales people sebagai garda terdepan bisnis...

Latest Posts

Tingkatkan Kompetensi Sales People, AHM Gelar Mash Up Community Contest

Mataram (suarantb.com)-Meningkatnya penjualan sepeda motor Honda yang disertai juga...

PLN Siapkan Kembali Suplai Listrik Berlapis untuk Gelaran WSBK 2023

Mataram (Ekbis NTB)-Perhelatan ajang internasional World Super Bike (WSBK)...

Selain Promo Besar-besaran, Ricky Smartphone Siapkan 1.000 Snack Sehat bagi Pengunjung

Mataram (Suara NTB)-Menyambut bulan kasih sayang, Ricky Smartphone di...

Dinas LHK NTB akan Buka Kembali Pos Pengamanan Hutan

Mataram (Suara NTB) – Setelah sempat vakum akibat Pandemi...

Pemkot Bima Naikkan Dana Bantuan Stimulan Jadi Rp750 Juta

Kota Bima (Suara NTB) - Pemerintah Kota (Pemkot) Bima...