Fokus Selesaikan Sampah, Dispar Bakal Bentuk DMO Senggigi

0
Dispar Lobar bersama unsur terkait membersihkan sampah di kawasan Senggigi. (Suara NTB/ist)

Giri Menang (Suara NTB) – Dinas pariwisata Lombok Barat (Lobar) fokus menyelesaikan beberapa persoalan di kawasannya Senggigi, salah satunya masalah sampah yang kerap Dikeluhkan wisatawan. Dispar Lobar melakukan aksi bersih-bersih Kawasan Senggigi melibatkan pelaku wisata, pengelola hotel, hiburan dan lainnya. Bahkan, aksi ini akan jadi agenda mingguan.

Seperti Jumat, 21 Agustus 2020, Dispar kembali melakukan kegiatan mingguan “Ayo Bersih-Bersih Kawasan Wisata”. Kegiatan yang sudah berjalan sejak empat pekan ini kembali berfokus di kawasan Senggigi.

Kali ini, giat bersih dimulai dari depan Svarga Hotel menuju depan Katamaran Hotel. Selain jajaran Dispar Lobar dan para komunitas peduli lingkungan, turut hadir kegiatan tadi Kepala Dinas Lingkungan Hidup Lobar Budi Darmajaya bersama dua truk armada pengangkut sampahnya.

Kegiatan ini mendapat tanggapan positif dari berbagai kalangan. Seperti yang diutarakan Cecep, salah seorang pengendara motor yang menyempatkan diri ikut memungut sampah.

“Saya kira ada apaan tadi. Setelah saya tau ada kegiatan goyong royong, langsung saja saya matikan motor terus parkir dan ikut pungut sampah. Kegiatan ini bagus, sangat positif dan saya yakin ini mungkin awal yang baik untuk kebangkitan pariwisata kita,” ungkap Cecep.

Kepala Dinas Pariwisata Lobar, H. Saepul Ahkam usai melakukan bersih-bersih mengatakan bahwa kegiatan rutin Dinas Pariwisata ini hanya untuk memberikan stimulan atau contoh bagi masyarakat agar selalu menjaga kebersihan terutama di kawasan wisata.

“Kegiatan gotong royong ini hanya stimulan konsolidasi. Jangka pendek adalah untuk menunjukkan kepedulian terhadap lingkungan. Jangka menengahnya adalah menumbuhkan rasa kepemilikan bersama Senggigi sebagai aset kebanggaan pariwisata Lombok yang nantinya akan kita strukturalkan dalam bentuk DMO (Destinastion Management Organization,red), dan terakhir menjadi promo untuk kita gaungkan #AyoKembaliKeSenggigi,” seru Ahkam.

Dalam kesempatan ini, Ahkam juga menyampaikan rasa terima kasih kepada para pihak yang sudah meluangkan waktunya meramaikan aksi bersih-bersih ini.

Rencananya, pekan depan kegiatan bersih-bersih ini akan digeser ke hari Sabtu. Untuk kegiatan di hari Jum’at akan dilaksanakan kegiatan rutin berupa senam pagi bersama seluruh OPD di Taman Kota yang dilanjutkan dengan Live Accoustic.

“Nantu kita juga tampilkan Dispar Band dengan penyanyi utama Ibu Mince. Acara juga dimeriahkan dengan servis gratis sepeda motor Honda dan pembagian Souvernir,” tambahnya. (Her)