DD di Sumbawa Tersalurkan Rp 117,9 Miliar

0
Didi Hermansyah. (Suara NTB/dok)

Sumbawa Besar (Suara NTB) – Penyaluran dana desa (DD) tahun 2020 di Kabupaten Sumbawa terus berproses. Sementara ini sudah tersalurkan hampir 80 persen dari pagu yang diberikan pemerintah pusat.

Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Sumbawa melalui Kabid Perbendaharaan, Didi Hermansyah, S.E menyampaikan, pagu dana desa Kabupaten Sumbawa tahun 2020 sebesar Rp 146,6 miliar. Dari pagu tersebut, yang sudah tersalurkan sebesar Rp 117,9 miliar. Penyaluran ini sesuai dengan tahapan, yakni tahap pertama 40 persen, tahap kedua 40 persen. Saat ini sudah dalam penyaluran tahap kedua. Karena kondisi covid-19 penyaluran tahap dua ini dilakukan perbulan. “Saat ini penyaluran sudah tahap dua bulan ketiga. Tentu ini ada kaitan dengan penanganan covid. Namun realisasi sudah Rp 117,9 miliar. Ada sisa Rp 28,6 miliar yang belum terealisasi. Karena memang persyaratan untuk penyaluran sudah diatur. Kondisi terakhir hampir 80 persen,” ujarnya.

Dijelaskannya, jumlah dana yang disalurkan untuk tahap kedua sebesar Rp 58,6 miliar. Nantinya untuk penyaluran tahap ketiga sebesar 20 persen. Persyaratan penyalurannya yakni pelaporan sisa dana tahun sebelumnya dalam bentuk rekonsiliasi dana desa. “Tentu ini nanti akan difasilitasi DPMD bersama dengan BPKAD untuk menyampaikan. Karena langsung desa yang menginput untuk tahap ketiga. Tahap kedua sudah disalurkan. Penyaluran langsung ke rekening desa, tidak lagi masuk ke kas daerah baru ke desa,” tukasnya.(ind)

Tiitle Ads