Pemprov Minta BUMN Beli Masker Buatan Lokal

Pemprov NTB meminta seluruh Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang beroperasi di daerah ini ikut mendukung gerakan maskerisasi yang sedang digalakkan Pemda untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19. BUMN diminta mengadakan dan membagikan masker kepada masyarakat dengan membeli produk UMKM lokal yang ada di NTB.

‘’Dalam hal ini, BUMN agar tidak membeli masker di luar daerah. Kebijakan Pak Gubernur, ingin di saat keterpurukan ekonomi terjadi, belanja pemerintah dan belanja BUMN untuk pemberdayaan ekonomi masyarakat lokal,’’ ujar Sekda NTB, Drs. H. Lalu Gita Ariadi, M. Si di Kantor Gubernur, Rabu, 12 Agustus 2020.

Pemprov mengumpulkan seluruh pimpinan BUMN yang beroperasi di NTB. Tujuannya, agar mereka ikut berpartisipasi dalam gerakan maskerisasi di NTB. Sehingga, penyebaran virus Corona dapat segera diputus.

Ia menekankan pihak BUMN agar masker yang dibeli oleh BUMN untuk dibagikan ke masyarakat merupakan produk UMKM lokal. Meskipun mungkin secara kualitas, masker produksi UMKM lokal masih kalah dibandingkan buatan luar daerah yang diproduksi menggunakan mesin-mesin modern.

Dengan menyerap masker produk UMKM lokal, kata Ketua Pelaksana Harian Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi NTB ini, maka akan menggerakkan ekonomi masyarakat lokal. Jika BUMN membeli masker produk luar NTB, maka efek ekonominya bagi NTB pasti akan minimal.

‘’Kami sangat berharap pengadaan masker yang akan diberikan kepada masyarakat adalah made in lokal. Kami berharap BUMN untuk berkoordinasi dengan Dinas Koperasi dan UKM NTB. Yang selama ini bermitra dengan para UMKM membuat masker,” harapnya.
Gita menjelaskan dalam rangka menghidupkan UMKM di masa pandemi, Pemprov sudah menyerap jutaan masker produk UMKM lokal dalam program Jaring Pengaman Sosial (JPS) Gemilang tahap I, II dan III. Namun, ada 450.000 masker produk UMKM lokal yang belum terserap.

BUMN yang akan melakukan pengadaan masker tinggal berkoordinasi dengan Dinas Koperasi dan UKM NTB. Dengan membeli masker produk UMKM lokal, maka BUMN juga ikut berkontribusi dalam menggerakkan ekonomi lokal di tengah pandemi ini.

‘’Kami mengharapkan dukungan BUMN, berpartisipasi menyiapkan masker. Bagi pelayan, mitra dan masyarakat. Masker-masker yang disiapkan tersebut upayakan masker hasil produksi lokal UMKM kita. Mohon jangan dari produk luar. Agar menggerakkan ekonomi masyarakat kita,’’ pesan Gita. (nas)




Digital Interaktif.

Edisi 1 Januari 1970

Imigrasi Luncurkan Situs Resmi Pengurusan e-VoA

0
Mataram (suarantb.com) Situs palsu pengurusan elektronik visa on arrival (e-VOA) https://www.indonesia-evoa.com muncul di pencarian teratas mesin pencari google, warga negara asing diminta berhati-hati. Sebelumnya...

Latest Posts

Imigrasi Luncurkan Situs Resmi Pengurusan e-VoA

Mataram (suarantb.com) Situs palsu pengurusan elektronik visa on arrival...

Kolaborasi Srikandi BRI dan BUMN, Bahu Membahu Percepat Pemulihan Korban Gempa Cianjur

Cianjur (suarantb.com) – Dalam rangka mempercepat pemulihan pasca bencana,...

Unisma Raih Dua Kategori Anugerah Kampus Unggulan

Malang (suarantb.com)Universitas Islam Malang (Unisma) sebagai Perguruan tinggi dengan...

Kesejahteraan Guru Terpencil di Kabupaten Bima Masih Diabaikan

Bima (Suara NTB) - Serikat Guru Indonesia (SGI) Kabupaten...