DPP PDIP Tunda Umumkan Dukungan untuk NTB

0
Raden Nuna Abriadi (Suara NTB/dok)

Mataram (Suara NTB) – Pengumuman tahap dua penetapan arah dukungan kepada bakal calon kepala daerah dan wakil kepala daerah di sejumlah daerah yang akan menggelar Pilkada serentak 2020 oleh DPP PDIP sudah dilakukan, Jumat, 17 Juli 2020 secara virtual.

Dalam pengumuman tahap dua itu, DPP PDIP menetapkan 45 pasangan bakal calon yang akan didukung pada Pilkada serentak 2020. Namun demikian, diketahui dari 45 Paslon yang diumumkan itu, satupun tidak ada yang dari NTB.

Padahal diketahui dari tujuh daerah Kabupaten/Kota di NTB yang akan melaksanakan Pilkada serentak 2020. PDIP baru menetapkan dukungannya di dua daerah saja, yakni Kota Mataram dan Kabupaten Sumbawa Barat (KSB). Sementara lima daerahnya belum jelas.

Anggota desk Pilkada DPD PDI-P NTB, Raden Nuna Abriadi yang dikonfirmasi Suara NTB, Jumat, 17 Juli 2020 membenarkan bahwa dalam pengumuman tahap dua itu, NTB tidak termasuk.

“Saya baru dapat konfirmasi dari pihak Sekretariat DPP PDI-P bahwa untuk NTB belum bisa diumumkan. Karena masih belum diplenokan. Baru saja saya dapat konfirmasinya,” ungkap Raden Nuna.

Pada pengumuman tahap pertama yang dilakukan pada 17 Februari lalu. Dalam pengumuman tahap pertama tersebut, PDIP mengumumkan arah dukungan di dua kabupaten/ kota di NTB, yaini untuk Kota Mataram paket Selly-Manan dan KSB paket Musyafirin-Fud Syaifuddin.

Diinformasikan sebelumnya, dari hasil pembahasan di DPP, dari lima daerah yang belum itu, ada empat daerah yang sudah tuntas pembahasannya di DPP yakni Pilkada KLU, Pilkada Kabupaten Sumbawa, Pilkada Bima dan Pilkada Dompu.

Sehingga Raden Nuna berkeyakinan dalam pengumuman arah dukungan tahap dua itu, empat daerah di NTB itu termasuk yang akan diumumkan. Namun demikian faktanya, NTB tidak masuk satupun yang diumumkan dalam tahap dua tersebut.

“Tentu DPP punya pertimbangan dan alasan mengapa belum diumumkan. Ada hal-hal terkait persyaratan yang belum dituntaskan. Nanti akan dibahas lagi pada saat pleno,” ujarnya.

Tetapi Raden Nuna memastikan meskipun pengumuman ditunda, dia berkeyakinan kuat keputusan DPP tidak akan jauh keluar dari daftar balonkada yang jadi prioritas arah dukungan PDIP di empat Pilkada tersebut. Mereka adalah paket Joda- Akbar di KLU, Pilkada Sumbawa paket Haji Mo-Novi, Pilkada Dompu paket Ruslan – Nasarudin, dan Pilkada Bima paket Irfan – Herman Edison.

“Insya Allah dalam satu minggu ke depan ini akan diumumkan, tidak akan lama. Akan diplenokan dulu baru akan diumumkan berikutnya,’’ pungkasnya. (ndi). 

Tiitle Ads