Sumbawa Raih WTP Ke-8 Kali Berturut-turut

Sumbawa  Besar (Suara NTB) – Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Provinsi NTB menyerahkan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) atas Laporan Keuangan Kabupaten Sumbawa Tahun Anggaran 2019 melalui video conference, Selasa, 2 Juni 2020. Berdasarkan pemeriksaan yang telah dilakukan BPK atas LKPD Kabupaten Sumbawa Tahun Anggaran 2019, BPK memberikan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas LKPD Kabupaten Sumbawa Tahun Anggaran 2019. Dengan ini, Kabupaten Sumbawa telah meraih 8 kali opini WTP secara berturut-turut.

Tampak proses video conference penyerahan LHP oleh pimpinan BPK Perwakilan Provinsi NTB

Penyerahan LHP Kabupaten Sumbawa yang dilakukan secara virtual bersama tiga kabupaten/kota lainnya di NTB. Sebagai pelaksanaan physical distancing dalam antisipasi dampak virus Covid-19. LHP tersebut diserahkan oleh Kepala Perwakilan BPK Perwakilan Provinsi NTB, Herry Purwanto secara simbolis kepada Bupati Sumbawa, H. M. Husni Djibril B.Sc dan Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sumbawa, Mohamad Ansori. Selanjutnya, LHP dikirimkan dalam bentuk softcopy melalui email.

Berdasarkan pemeriksaan yang telah dilakukan BPK atas LKPD Kabupaten Sumbawa Tahun Anggaran 2019, BPK memberikan opini WTP. Sehingga Kabupaten Sumbawa telah meraih 8 kali opini WTP secara berturut-turut. Hal tersebut juga menunjukkan komitmen dan upaya nyata DPRD dan manajemen Pemkab Sumbawa untuk terus mendorong perbaikan pengelolaan keuangan dengan menjalankan dan menerapkan praktik-praktik pengelolaan keuangan yang baik.

Dalam pelaksanaan tugas pemeriksaan LKPD TA 2019, BPK Perwakilan Provinsi NTB melaksanakan prosedur pemeriksaan secara online diantaranya wawancara, konfirmasi, dokumentasi dan prosedur alternatif cek fisik. Pelaksanaan prosedur pemeriksaan tersebut telah didukung dengan kerja sama Pemerintah Daerah dengan melaksanakan pengiriman dokumen pendukung dan diskusi secara online dan/atau langsung di kantor dengan tetap menjaga jarak  sesuai protokol pencegahan COVID-19. Sehingga tugas konstitusional BPK dapat selesai dengan lancar.

Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Sumbawa, H. Wirawan Ahmad, menyatakan raihan prestasi WTP ke 8 kalinya secara berturut turut ini, tidak boleh menjadikan kita berpuas diri. Tetapi harus terus berupaya meningkatkan kualitas WTP. Termasuk proses pencapaian WTP dari hari ke hari harus transparan dalam proses pengelolaan keuangan. APBD kita harus semakin berkualitas dan semakin berpihak kepada rakyat,jelasnya. (arn/*)




Digital Interaktif.

Edisi 1 Januari 1970

Imigrasi Luncurkan Situs Resmi Pengurusan e-VoA

0
Mataram (suarantb.com) Situs palsu pengurusan elektronik visa on arrival (e-VOA) https://www.indonesia-evoa.com muncul di pencarian teratas mesin pencari google, warga negara asing diminta berhati-hati. Sebelumnya...

Latest Posts

Imigrasi Luncurkan Situs Resmi Pengurusan e-VoA

Mataram (suarantb.com) Situs palsu pengurusan elektronik visa on arrival...

Kolaborasi Srikandi BRI dan BUMN, Bahu Membahu Percepat Pemulihan Korban Gempa Cianjur

Cianjur (suarantb.com) – Dalam rangka mempercepat pemulihan pasca bencana,...

Unisma Raih Dua Kategori Anugerah Kampus Unggulan

Malang (suarantb.com)Universitas Islam Malang (Unisma) sebagai Perguruan tinggi dengan...

Kesejahteraan Guru Terpencil di Kabupaten Bima Masih Diabaikan

Bima (Suara NTB) - Serikat Guru Indonesia (SGI) Kabupaten...