JPS Kota Bima Diluncurkan Usai JPS Gemilang dan BLT

0
Muhidin. (Suara NTB/Dok)

Kota Bima (Suara NTB) – Sebagian warga di Kota Bima mempertanyakan Jaring Pengaman Sosial (JPS) Pemerintah Kota (Pemkot) Bima. Pasalnya hingga kini belum juga diluncurkan, jika dibandingkan Pemerintah Daerah lainnya di NTB.

Menanggapi hal itu, Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kota Bima, Drs. H. Muhidin MM,  menegaskan JPS Kota Bima akan segera diluncurkan dalam waktu beberapa dekat ini.

“JPS Kota Bima akan segera diluncurkan, kemungkinan pertengahan Bulan Mei ini. Nama JPSnya SETARA,” katanya kepada Suara NTB, Selasa, 5 Mei 2020.

Lebih jauh dijelaskan, JPS Kota Bima belum diluncurkan lantaran pihaknya ingin menyelesaikan penyaluran JPS Gemilang dan Bantuan Langsung Tunai (BLT) dari Pemerintah Pusat. “Kita ingin tuntaskan dulu penyaluran bantuan dari Provinsi dan Pusat,” katanya.

Menurutnya, jika JPS Kota Bima diluncurkan dalam waktu bersamaan dengan penyaluran JPS Gemilang dan BLT, dikuatirkan akan terjadi masalah dan persoalan di lapangan. “Kita menghindari masalah, karena kemungkinan banyak warga yang tidak tercover dalam bantuan JPS Gemilang dan BLT ini,” katanya.

Muhidin mengaku, setelah proses penyaluran JPS Gemilang dan BLT tuntas, warga atau Kepala Keluarga (KK) yang belum mendapatkan akan mudah diketahui meski terdata dobel.

“Kita ingin pastikan bantuan bagi warga yang terdampak covid-19 ini bisa berjalan dengan baik. Tanpa ada yang menerima dobel,” katanya.

Ia menegaskan, proses penyaluran JPS Gemilang masih tersisa beberapa Kecamatan. Ia memprakirakan tuntasnya penyaluran JPS Gemilang dalam satu minggu kedepan.

 “Kalau tidak ada kendala, satu minggu kedepan penyaluran JPS Gemilang ini akan tuntas. Setelah itu kita lansung luncurkan JPS SETARA,” katanya.

Dinsos memprakirakan ada sekitar 6.000 KK di Kota Bima yang tercover dan mendapatkan bantuan JPS SETARA. Namun jumlah itu akan berkurang setelah rampung validasi dan verifikasi (Verval). “Prakiraan ini bisa saja kurang dan bertambah. Semuanya tergantung hasil Verval,” ujarnya.

Muhidin menambahkan semua KK kurang mampu di Kota Bima akan tetap mendapatkan bantuan yang dikucurkan kolaborasi Pemerintah Pusat, Pemprov dan Pemkot tersebut.

“JPS SETARA, JPS Gemilang dan BLT adalah progrma dari Pemerintah khusus bagi warga kurang mampu. Tapi tidak termasuk yang sudah menerima PKH dan BPNT,” pungkasnya. (uki)