PDP di Dompu Berontak Saat Pengambilan Sampel Swab

Dompu (Suara NTB) – Pasien Dalam Pengawasan (PDP) di Kabupaten Dompu yang sedang dirawat dan diisolasi di RSUD Dompu diduga menolak diambil sampel swabnya. Faktor uzur dan stres diduga menjadi pemicu penolakan pengambilan sampel swab. PDP yang diisolasi di RSUD Dompu juga bertambah menjadi 3 orang dan hanya 2 orang yang diambil sampelnya untuk dilakukan uji laboratorium.

“HU (85) asal Kandai Satu dia brontak saat diambil sampelnya. Jadi ndak bisa diambil. Yang diambil sampel swabnya hanya yang dari Doropeti sama Oo,” kata Plh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Dompu, Maman, SKM, MMKes kepada Suara NTB, Rabu, 15 April 2020.

Dua orang yang diambil sampel swab, Selasa, 14 April 2020 berinisial SP (24) warga Doropeti (sebelumnya disebut asal Oo), dan Ir asal Desa Oo. Ir sebelumnya berstatus ODP, tapi hasil tes cepat oleh Puskesmas Dompu Timur pada Senin, 13 April 2020 lalu menunjukan reaktif dan dilakukan isolasi di RSUD Dompu, Selasa, 14 April 2020.

Terkait penolakan HU untuk diambil sampel swabnya, Maman mengaku, ada kemungkinan karena faktor uzur dan faktor stres karena penyakit yang dideritanya. Sehingga diperlukan penananganan khusus. “Yang menangani ini, kalau salah – salah bisa terpapar (karena tes cepat terhadap HU menunjukan hasil reaktif),” jelasnya.

Kemungkinan dirujuk ke RSU Bima sebagai rumah sakit rujukan untuk merawat pasien Covid seperti keputusan Menkes, dikatakan Maman, saat ini di Kota Bima sudah menjadi zona merah karena ada yang terkonfirmasi positif covid 19 dan ruang perawatan untuk isolasi yang terbatas.

Apalagi RSU Dompu sudah ditunjuk sebagai rumah sakit yang membek up RS rujukan sesuai SK Gubernur. Tetapi pengiriman sampel swab masih harus melalui RS Raba Bima sebagai RS rujukan. “Untuk saat ini masih harus melalui RS Bima sebagai rumah sakit rujukan untuk pengiriman sampel swab ke Provinsi,” ungkap Maman. (ula)




Digital Interaktif.

Edisi 1 Januari 1970

Latest Posts

Inilah Model Baju Koko Terbaru Tahun 2022

Model baju koko terbaru selalu muncul hampir di setiap...

Pembangunan Rendah Karbon dan Berketahanan Iklim Harus Terintegrasi dalam Dokumen Perencanaan

Mataram (Suara NTB)-Kementerian BPN/Bappenas terus mendorong pemerintah daerah di...

Jadi Tuan Rumah Berbagai Event Internasional, Bukti Keberhasilan Pembangunan Infrastruktur di NTB

Mataram (suarantb.com)—Terselenggaranya berbagai event internasional di NTB menjadi salah...

Gali Pesan yang Tersirat dan Tersurat Lewat Pameran Wastra

Mataram (Suara NTB) – Pameran wastra NTB resmi dibuka...