TP PKK Dompu Bagikan Ribuan Masker Gratis untuk Pedagang

0
Ketua Tim Penggerak PKK Dompu, Hj. Eri Aryani H Bambang saat memakaikan masker kain pada pedagang di Pasar Induk, Rabu, 8 April 2020. (Suara NTB/jun)

Dompu (Suara NTB) – Tim Penggerak PKK Kabupaten Dompu, turut berperan aktif menanggulangi ancaman penyebaran Covid-19. Ditandai pembagian ribuan masker kain gratis untuk pedagang di Pasar Induk, Rabu, 8 April 2020.

Selain menjadi langkah pencegahan, gerakan ini bagian dari upaya menyelamatkan keberlangsungan Usaha Masyarakat Kecil dan Menengah (UMKM) terdampak virus berbahaya tersebut.

Ketua TP PKK Dompu, Hj. Eri Aryani H. Bambang disela pembagian masker menyampaikan, Corona Virus Disease (Covid-19) tengah menjadi ancaman serius di NTB, khususnya bumi Nggahi Rawi Pahu. Karenanya, PKK bersama OPD dan Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) merasa terpanggil untuk membantu masyarakat terhindar dari penyakit berbahaya tersebut.

“Kami dari Tim Penggerak PKK merasa terpanggil membantu masyarakat, karena di Indonesia virus inikan sudah merajalela,” terangnya menjawab Suara NTB.

Warga terkonfirmasi positif Covid-19 di Dompu, lanjut dia, memang belum ditemukan sejak ditetapkannya status siaga darurat Corona pada Maret kemarin. Meski begitu, kondisi tersebut tidak lantas membuat pihaknya berdiam diri dalam memutus rantai penularan.

Selain membagikan masker kain hasil kerajinan UMKM, agenda yang disambut positif pedagang Pasar Induk ini juga dimanfaatkan untuk menghimbau masyarakat agar tetap manaruh kewaspadaan. Tentunya dengan menerapkan pola hidup bersih dan sehat, menghindari kerumunan massa, menjaga jarak serta tidak keluar rumah ketika tak ada keperluan mendesak.

“Selain pemberian masker kita juga sudah membangun posko pemeriksaan kesehatan di daerah perbatasan. Itu salah satu bentuk antisipasi kami agar virus ini tidak sampai masuk ke Dompu,” jelasnya.

Penggunaan masker kain bagi masyarakat yang sehat, menurut Hj Eri Aryani H Bambang, penting dilakukan untuk meminimalisir potensi penularan Covid-19. Karenanya, TP PKK menargetkan 15.000 masker kain untuk dibagikan ke semua pedagang pasar tradisional yang ada di wilayah ini.

Disamping mencegah masyarakat dari penularan penyakit menular dan mematikan tersebut, ini bagian dari upayanya membantu UMKM agar tetap produktif membuat kerajinan ditengah pandemi Covid-19.

“Semua pasar nanti akan kita sasar, inikan baru dua hari besok atau lusa rencananya di Kempo. Target kita ada 15.000 masker,” pungkasnya.

Pantauan Suara NTB di lapangan, kegiatan tersebut disambut antusias pedagang. Bahkan, Istri Bupati HBY ini memakaikan sendiri masker kain pada para pedagang Pasar Induk ditengah hujan lebat yang mengguyur wilayah Dompu pagi kemarin. (jun)