PDP Pertama KSB Dinyatakan Sembuh

Taliwang (Suara NTB) – Pasien Dalam Pengawasan (PDP) yang pertama terdeteksi asal Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) dinyatakan selesai menjalani proses karantina pengawasan.

Setelah menjalani hampir 3 pekan perawatan di RSMA Manambai, Sumbawa, pasien yang diketahui warga kota Taliwang ini dinyatakan sembuh dan dipastikan negatif mengidap Coronavirus Disease (Covid-19).

“Laporannya hari ini kami terima. Bahwa yang bersangkutan sudah sembuh dan dinyatakan negatif (corona),” terang juru bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 KSB, H. Tuwuh kepada Suara NTB, Rabu, 8 April 2020.

Berakhirnya masa perawatan PDP pertama itu, membuat data jumlah terdeteksi PDP Covid-19 KSB berkurang dari 3 menjadi 2 orang PDP. Sebelumnya total orang berstatus PDP di KSB berjumlah 4 orang. Rinciannya 2 orang dari Taliwang, 1 orang dari kecamatan Sekongkang dan 1 orang terdekteksi terakhir asal kecamatan Brang Rea.

“Sekarang yang masih dalam perawatan pasien dari Sekongkang dan terbaru dari Brang Rea. Karena sebelumnya satu orang yang asal Taliwang meninggal dunia,” urai H. Tuwuh.

Untuk dua orang PDP yang tersisa, ia menjelaskan, tetap mendapatkan perawatan intensif di RSMA Manambai. “Kita tentu berharap keduanya juga tetap baik-baik saja dan segera sembuh dari sakitnya. Dan terpenting dinyatakan negatif tentunya,” harap kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) KSB ini.

Selanjutnya ditanya mengenai 8 orang warga yang tengah menjalani karantina di Rusunawa Belisung. H. Tuwuh menyebutkan, dalam 3 hari masa karantina kondisi masing-masing warga tetap stabil. “Semuanya tetap sehat ya. Memang sempat kemarin ada neneknya (PDP meninggal) kita susul bawa ke sana. Tapi kondisinya juga baik-baik saja,” klaimnya.

Selama dalam masa karantina, H. Tuwuh menegaskan, semua warga yang ditempatkan di Rusunawa mendapat pemantauan kesehatan dari tim medis. Setiap harinya kondisi tiap warga dicek secara seksama untuk memastikan kondisi fisik maupun kesehatannya tetap prima.

“Kita pantau terus. Dan sama dengan yang PDP kita berharap mereka juga baik-baik saja sampai masa karantinya berakhir,” imbuhnya.

Untuk diketahui, PDP Pertama asal KSB yang saat ini dinyatakan sembuh, merupakan seorang pelaku perjalanan dari wilayah terjangkit virus corona. Warga yang diketahui adalah seorang mahasiswa kuliah di luar daerah ini, pulang kampung pasca kegiatan perkuliahannya diliburkan. Namun sesampainya di KSB, mahasiswa bersangkutan mengalami sakit dengan keluhan mirip gejala terjangkit virus corona. (bug)




Digital Interaktif.

Edisi 1 Januari 1970

Latest Posts

Inilah Model Baju Koko Terbaru Tahun 2022

Model baju koko terbaru selalu muncul hampir di setiap...

Pembangunan Rendah Karbon dan Berketahanan Iklim Harus Terintegrasi dalam Dokumen Perencanaan

Mataram (Suara NTB)-Kementerian BPN/Bappenas terus mendorong pemerintah daerah di...

Jadi Tuan Rumah Berbagai Event Internasional, Bukti Keberhasilan Pembangunan Infrastruktur di NTB

Mataram (suarantb.com)—Terselenggaranya berbagai event internasional di NTB menjadi salah...

Gali Pesan yang Tersirat dan Tersurat Lewat Pameran Wastra

Mataram (Suara NTB) – Pameran wastra NTB resmi dibuka...