Siswa SMPN 4 Mataram Berlatih Sportivitas Lewat Ekskul Peresean

0

Mataram (Suara NTB) – SMPN 4 Mataram melatih sportivitas siswa melalaui ekstrakurikuler (ekskul) Peresean. Siswa-siswa dari kampung di sekitar sekolah dilibatkan untuk terlibat pada ekskul itu. Ekskul yang dimulai tahun ini juga diharapkan bisa membangun keakraban antarsiswa.

Kepala SMPN 4 Mataram, Drs. Jupni Amri, MM., mengatakan, anak-anak di sekitar SMPN 4 Mataram memiliki potensi peresean. Diharapkan dengan mereka mengikuti ekskul peresean itu siswa menjadi sportif dan membangun keakrabAn mereka.

“Pada ekskul peresean itu mereka bertemu, anak-anak dari seluruh kampung di sekitar sekolah seperti Taliwang, Monjok, Tohpati, Sayang-sayang, dan lainnya, mereka kumpul jadi satu,” katanya.

Peresean adalah pertarungan antara dua lelaki yang bersenjatakan tongkat rotan atau penjalin dan berperisai kulit kerbau yang tebal dan keras atau disebut ende. Tradisi ini dilakukan oleh masyarakat suku Sasak, Lombok.

Jupni mengatakan, siswa SMPN 4 Mataram sudah pernah tampil saat pekan budaya Mataram beberapa waktu lalu. “Dan memang anak-anak ini serius mau jadi dan tidak mau main-main,” kata Jupni.

Melalui ekskul peresean itu juga diharapkan ke depannya bisa melestarikan budaya lokal yang ada di sekitar anak-anak SMPN 4 Mataram. Jupni mengatakan latihan ekskul ini memang masih bersifat tentatif. Namun siswa sudah dikenalkan dengan istilah dalam peresean.

Saat ditampilkan di hadapan para siswa, kata Jupni para penonton juga menonton dengan rapi. Para siswa yang bermain peresean juga tidak ada dendam. “Kita juga pernah tampil di Lapangan Sangkareang Mataram. Anak-anak pakai alat betulan, tapi mereka sportif, lebih sportif dari bermain bola,” kata Jupni. (ron)