Pelatda PON Cabor Tinju Dipusatkan di KSB

0
Indah Dugi Cahyono.(Suara NTB/fan)

Mataram (Suara NTB) – Pemusatan Latihan Daerah (Pelatda)  persiapan Pekan Olahraga Nasional (PON)  XX tahun 2020 cabang olahraga tinju akan diselenggarakan di  Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), 2 Februari 2020 mendatang. Cabor tinju  memilih KSB sebagai lokasi Pelatda karena memang daerah tersebut punya fasilitas latihan yang memadai untuk pemusatan latihan cabor tersebut.

Pelatih Tinju NTB, Indah Dugi Cahyono yang diwawancara Suara NTB di Sekretariat Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) NTB, Selasa, 28 Januari 2020 mengatakan pihaknya mengusulkan Sasana Tinju Notorius Sumbawa Barat (KSB) sebagai lokasi Pelatda PON tinju. Maklum Sasana Tinju Notorius merupakan pusat kegiatan latihan  olahraga tinju NTB yang telah sukses melahirkan banyak atlet berprestasi nasional.

“Yang pasti kami sudah mengusulkan Pelatda PON cabor tinju di gelar di Sasana tinju Notorius KSB. Itu artinya sebanyak sembilan petinju NTB yang lolos PON akan latihan disana, termasuk Nasrudin,” ucapnya.

Dijelaskannya  Dugi, bila usulan Pelatda PON di KSB disetujui oleh KONI NTB maka untuk pertama kalinya KSB menjadi tempat Pelatda PON. Pasalnya Pelatda PON tinju sebelumnya di pusatkan di Kota Mataram.

Lanjutnya, Pelatda  persipan PON Tinju akan melibatkan sebanyak sembilan atlet, maklum Pengprov Persatuan Tinju  Amatir Seluruh  Indonesia (Pertina) NTB telah meloloskan sembilan atlet di PON XX di Papua tahun 2020. Sembilan petinju itu adalah Nasrudin, Saputra Samada, Huswatun Hasanah, Endang, Jubaitul, Ainun Azizah, Karmila, Sinta Agustini dan Reza Pastika.

Sembilan atlet itu merupakan atlet-atlet terbaik NTB yang menjadi finalis di Pra-PON Tinju tahun 2020. Selain itu lima atlet lainnya, Nasrudin, Saputra Samada, Endang, Huswatun Hasanah dan Jubaitul  pernah merebut lima medali di PON tahun 2020, yakni dua emas, dua perak dan satu perunggu. Sementara sisa empat atlet lainnya merupakan petinju pendatang baru yang pernah sukses menorehkan prestasidi beberapa event  nasional.

Dengan kekuatan sembilan petinju tersebut, Dugi yang merupakan pemilik Sasana Tinju Notorius KSB memasang target lima medali emas di PON 2020. Target tersebut diakui Dugi sangat realistis karena NTB diperkuat oleh sejumlah atlet yang pernah menorehkan medali emas di level nasional dan internasional. (fan)