Musim Hujan, Jerowaru Masih Dilanda Kekeringan

Selong (Suara NTB) – Meski sudah memasuki musim hujan, desa-desa yang terdapat di wilayah kecamatan Jerowaru masih dilanda kekeringan. Belum rampungnya penanganan krisis air bersih secara permanen membuat warga di Sekaroh, Ekas Buana, Kwangrundun, Pandanwangi, Seriwe, Batu Nampar dan Batu Nampar Selatan tetap harus membeli air.

Camat Jerowaru, Jumase saat dikonfirmasi Suara NTB, Jumat, 10 Januari 2020, mengaku, hujan awal tahun 2020 ini tidak setiap hari mengguyur. Saat hujan, warga bisa menampung air melalui bak-bak penampungan yang sudah mereka miliki. Namun, saat tak lagi hujan, warga setempat terpaksa tetap harus membeli air, karena kebutuhan air merupakan kebutuhan mendasar yang harus tetap ada setiap saat.

“Jadi saat datang musim hujan saja yang tidak kekurangan, saat hujan tidak turun kembali lagi kering,” ucapnya.

Bantuan air dari pemerintah, tambahnya, sudah diakhiri 31 Desember 2019 lalu. Untuk itu, hujan yang turun diharapkan dapat meringankan beban warga. Sebelumnya diakui sebagian besar warga Jerowaru mengalami krisis air bersih. Saat ini, seperti Pemongkong sebagian sudah ada air PDAM, sehingga sebagian masyarakat Pemongkong tidak lagi pusing masalah air. “Tapi itu Pemongkong Barat masih tetap terkena dampak kekeringan,” imbuhnya.

Bantuan air untuk masyarakat desa-desa yang masih terbelenggu krisis air bersih ini dinilai masih perlu diberikan bantuan. Sejauh ini meskipun sudah lepas bantuan pemerintah, namun bantuan-bantuan insidentil dari sejumlah lembaga donor dan dermawan tetap didistribusikan ke masyarakat. (rus)

perbakin



Digital Interaktif.

Edisi 1 Januari 1970

Bangun Digital Payment Ekosistem UMKM, BRI Jalin Kerjasama Layanan Pada Platform...

0
Yogyakarta (suarantb.com) – Dalam rangka memperkuat dan membangun ekosistem UMKM Indonesia, PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI menginisiasi kerja sama Layanan Digital...

Latest Posts

Bangun Digital Payment Ekosistem UMKM, BRI Jalin Kerjasama Layanan Pada Platform AYO SRC

Yogyakarta (suarantb.com) – Dalam rangka memperkuat dan membangun ekosistem...

80 Mahasiswa Pertukaran Dalam Negeri Belajar di Unisma

Malang (suarantb.com) Universitas Islam Malang menyambut sebanyak 80 mahasiswa...

Bulog Gelontorkan 650 Ribu Ton Beras untuk Operasi Pasar

Jakarta (suarantb.com)–Guna menjalankan fungsi menjaga stabilitas harga pangan khususnya...

Investasi Semakin Mudah, BRI Hadirkan Fitur Pembelian SBN di BRImo

Jakarta (suarantb.com)– Aplikasi Super Apps Digital Banking BRImo milik...

Bupati Dompu Minta Pelaksanaan MTQ Dievaluasi

Dompu (Suara NTB) - Bupati Dompu, H. Kader Jaelani...