2020, Pengerjaan Akses Jalan Menuju Sirkuit MotoGP Mandalika Ditargetkan Rampung 20 Persen

H. Sahdan (Suara NTB/nas)

Pengerjaan proyek bypass Bandara Internasional Zainuddin Abdul Madjid (BIZAM) – KEK Mandalika ditargetkan dapat rampung 20 persen pada akhir 2020. Pengerjaan akses jalan dari bandara menuju Sirkuit MotoGP Mandalika sepanjang 17,4 Km tersebut memang cukup terlambat akibat proses lelang yang baru tuntas sebanyak dua paket pada awal November ini.

Kepala Dinas PUPR NTB, H. Sahdan, S.T., M.T., mengatakan, sejak awal November, kontraktor yang memenangkan paket 1 dan paket 2 sudah mulai bekerja di lapangan. ‘’Mulai pembentukan badan jalan untuk yang dua paket. Kalau paket tiga masih proses tender. Memang kalau paket 3 paling kecil nilainya,’’ kata Sahdan dikonfirmasi di Mataram, Rabu, 18 November 2020.

Ia mengatakan bahwa tahun ini, kontraktor ditargetkan dapat menuntaskan pembentukan badan jalan. Setelah badan jalan terbentuk, maka ia yakin, pekerjaan lainnya akan lancar dan cepat selesai.

‘’Ada 20 persenan targetnya tahun ini selesai. Karena memang persiapan dan pembentukan badan jalan yang sulit. Karena berhubungan dengan tanah liat, apalagi sekarang musim hujan,’’ terangnya.

Untuk mengejar target tuntas pengerjaan tuntas Agustus 2021, kata Sahdan, kontraktor memang harus bekerja ekstra. Sehingga, pengerjaan proyek strategis nasional ini akan terus dievaluasi secara rutin.

‘’Soalnya ini tanggung jawab daerah untuk memantau perkembangan lapangan. Tapi memang bottleneck-nya kemarin ada di lelang. Kalau lelangnya cepat. Tiga bulan kita bentuk badan jalan sebelum musim hujan, maka akan cepat,’’ kata mantan Kepala Bidang Bina Marga ini.

Sahdan mengungkapkan, proses lelang proyek ini memang tak semulus yang dibayangkan. Sebelumnya, proyek ini ditargetkan mulai dikerjakan Juli lalu. Namun karena ada evaluasi ulang terhadap pemenang tender, sehingga pengerjaan menjadi molor beberapa bulan.

Berdasarkan data Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) Kementerian PUPR. Paket 1 dimenangkan PT. Nindya Karya Wilayah 7. Sedangkan paket 2 dimenangkan PT. Adhi Karya (Persero) Tbk.

Proyek pembangunan jalan bypass Mandalika dibagi menjadi tiga paket. Paket 1 dialokasikan anggaran dari APBN dengan pagu Rp238,569 miliar lebih, Paket 2 sebesar Rp394,815 miliar dan paket 3 sebesar Rp180,555 miliar lebih.

Pembangunan Sikruit Mandalika dan infrastruktur pendukung baik di dalam kawasan maupun di luar kawasan Mandalika harus sudah tuntas sebelum Oktober 2021. Artinya, Sirkuit Mandalika, jalan bypass dan lainnya harus sudah fungsional sebelum Oktober 2021. (nas)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here