Teguh, Tularkan Kebaikan dan Semangat Generasi Muda Melalui JKN-KIS

0
Teguh Hadi Al Furqan

Praya – (suarantb.com) – Partisipasi para generasi milenial sangatlah dibutuhkan untuk turut berkontribusi membangun bangsa. Banyak cara yang bisa dilakukan, dan tidak selamanya harus dilakukan  dengan hal – hal yang sulit, cukup dengan menjadi peserta Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN–KIS) sudah menjadi salah satu langkah tepat yang bisa diambil untuk bisa ikut ambil bagian membangun bangsa.

Seperti halnya Teguh Hadi Al Furqan (19), seorang praja yang terdaftar dalam Institusi Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) Provinsi NTB yang merasa bangga karena telah menjadi bagian dari program JKN–KIS. “Saya pemegang kartu JKN-KIS, tapi saya berharap tidak menggunakan kartu itu. Saya harus tetap sehat agar selalu bisa membantu peserta lain yang lebih membutuhkan,” ujarnya.

Teguh, sapaan akrab pemuda ini berpendapat bahwa asas gotong royong yang menjadi semboyan BPJS Kesehatan sangat sesuai dengan nilai – nilai yang ada pada masyarakat Indonesia. Ia pun mengapresiasi usaha dan komitmen pemerintah untuk menciptakan program yang manfaatnya bisa dirasakan oleh setiap warga negara.

“Sudah seharusnya sebagai warga negara yang baik harus ikut mendukung program pemerintah. Kalau bukan kita, siapa lagi yang akan menjalankannya. Kita yang gotong royong pasti kita juga nanti yang akan dapat manfaatnya,” tutur Teguh.

Mahasiswa tingkat dua IPDN yang ditemui tim Jamkesnews pada Rabu (03/07) ini juga  menegaskan bahwa sangat penting memiliki perlindungan kesehatan terutama bagi generasi muda. “Anak muda harus proteksi diri dengan jaminan kesehatan. Selain bisa bantu orang – orang sakit dengan iuran yang kita keluarkan, juga bisa menyadarkan kita akan pentingnya hidup sehat,” ungkapnya.

Masyarakat harus mencegah diri mereka dari penyakit dengan menerapkan pola hidup yang sehat. “Makan – makanan dengan takaran gizi seimbang dan olahraga yang teratur. Itu jadi menu wajib bagi orang – orang yang ingin sehat. Apalagi ditambah dengan jadi peserta JKN – KIS, sehat paket komplit,” tambahnya.

Program JKN – KIS merupakan program yang baik karena tujuannya adalah untuk melindungi kesehatan masyarakat secara menyeluruh. Bukan berarti bahwa hal itu dapat diwujudkan dalam waktu yang singkat. Membutuhkan proses dan dukungan dari berbagai pihak untuk bisa menjalankannya. Berkaca dari hal itu, Teguh pun mengungkapkan harapannya agar ia bisa memotivasi teman – teman seusianya untuk ikut menjadi bagian program mulia tersebut.

“Saya harap semua bisa ikut menjadi peserta JKN – KIS, terutama kaum muda yang tentunya akan menjadi penerus generasi selanjutnya. Saya merasa bangga karena ikut berkontribusi membangun negara menjadi lebih baik,” tutupnya. (r/*)