Pengentasan Kemiskinan dengan “KUBe”

0

MASALAH kemiskinan merupakan masalah bersama. Saat ini, bagaimana peran pemerintah untuk bersinergi mengentaskan kemiskinan di setiap wilayah di Kota Mataram dipertanyakan.

Salah satu program yang dinilai ampuh mengentaskan kemiskinan di Kelurahan Gomong Mataram, menurut Lurah Gomong, Lalu Husni Bardin, yakni melalui program kelompok usaha bersama (Kube). ‘’Kube ini program kelurahan yang berkelanjutan,’’ katanya, Selasa, 30 Juli 2019.

“Kube ini diberikan kepada masyarakat yang memiliki usaha. Kita kasi kepada ibu-ibu yang kurang mampu di setiap lingkungan Gomong. Itulah upaya kita untuk menekan kemiskinan,” kata Husni. Kata Husni, upaya-upaya untuk mengurai tingkat kemiskinan itu harus dilakukan secara berjenjang dari bawah ke atas (bottom up). “Artinya kalau kita turunkan secara drastis menjadi 0 persen, itu hal yang tidak mungkin. Kita akan lakukan secara bertahap. Karena itu, perlu upaya bersama,” tukasnya.

Pada kelurahan Gomong sendiri ungkap Husni, ada banyak masyarakat yang sudah diberikan bantuan. Sekitar 30 persen masyarakat miskin di Lingkungan Gomong Lama itu sudah mendapat bantuan dalam bentuk BLT, PKH, dan bantuan Bazda. “Agar terus turun, memang tidak bisa kita andalkan dengan BLT, PKH, dan Bazda, tapi program Kube Insha Allah bisa mengurangi,” lanjut dia.

Terkait data kemiskinan, Husni telah melakukan pendataan di lapangan. Data itu menurutnya sangat penting untuk mengetahui kondisi masyarakat. “Memang kita punya data dan itu sudah kami lakukan pendataan dari kelurahan. Datanya lengkap. Itu nanti akan kita koordinasikan ke Dinsos langsung,” katanya.

Husni mengungkapkan semua itu memang butuh proses. “Maka dari itu kita harapkan, program-program baru ini akan kita upayakan sebagai jalan baru dalam mengentaskan kemiskinan khususnya di Kelurahan Gomong ini,” tutupnya. (viq)