Masalah Kesehatan Jadi Perhatian Serius

0
Pathurrahman (Suara NTB/rus)

Selong (Suara NTB) – Masalah kesehatan menjadi perhatian serius Pemkab Lombok Timur (Lotim). Hal ini dinyatakan Kepala Bagian Kesra Sekretariat Daerah Kabupaten Lotim, Dr. Pathurrahman di Selong, Selasa, 30 Juli 2019.

Menurutnya, di antara masalah kesehatan tersebut adalah stunting, gizi buruk dan sejumlah penyakit yang menimpa warga Lotim, sehingga pemda komitm membantu mayarakat yang kurang mampu dan memfasilitasi pengobatannya.

“Kita coba fasilitasi proses pengobatan rujukan. Pengobatan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Provinsi, RSU Sanglah Denpasar Bali bahkan hingga ke Jakarta. Untuk biaya pengobatan sendiri ada  program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) Kartu Indonesia Sehat (KIS) Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) kesehatan,’’ ujarnya.

Diakuinya, masalah yang kerap dialami warga selama proses pengobatan adalah biaya hidup. Sering kali warga terbentur biaya yang harus dikeluarkan selama mereka mendampingi anggota keluarga yang dirawat di luar daerah. “Memang ini jadi titik perhatian kita,” ucapnya.

Untuk itu, pihaknya bekerjasama dengan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas), Dinas Kesehatan dan instansi lainnya yang bisa membantu, sehingga mampu meringankan beban warga yang menjalani pengobatan di luar daerah.

Meski demikian, pihaknya belum memiliki alokasi anggaran khusus dalam mengatasi ini. Untuk itu di masa mendatang, pihaknya siap akan menganggarkan berupa bantuan sosial (bansos).  ‘’Besaran biaya yang dibutuhkan masing-masing keluarga pasien ini beragam. Tergantung kondisi penyakit pasien yang mempengaruhi lamanya pasien dirawat di rumah sakit rujukan,’’ ujarnya. (rus)