Hari Ini, Gubernur Mutasi Ratusan Pejabat

0
Kepala BKD NTB, H. Fathurrahman (Suara NTB/nas)

Mataram (Suara NTB) – Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah kembali akan memutasi ratusan pejabat lingkup Pemprov NTB, Senin, 11 Maret 2019, hari ini. Mutasi yang dilakukan kali ini untuk mengisi banyaknya jabatan yang lowong di eselon III dan IV.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) NTB, Drs. H. Fathurrahman, M. Si yang dikonfirmasi Suara NTB, Minggu, 10 Maret 2019 sore membenarkan rencana mutasi ini. ‘’Iya (ada mutasi pejabat),’’ jawabnya.

Fathurrahman mengatakan, mutasi kali ini hanya untuk mengisi jabatan eselon III dan IV. Ia menyatakan tidak ada eselon II yang ikut kena mutasi. Soal jumlah pejabat yang akan dimutasi, Fathurrahman mengatakan ada ratusan orang.

‘’Ratusan (orang)  karena ada juga pengukuhan akibat perubahan nomenklatur jabatan,’’ ungkapnya.

Disebutkan,  sekitar 82 pejabat eselon III atau administrator yang kena mutasi.  Sedangkan pejabat eselon IV atau pengawas sebanyak 109 orang.  Fathurrahman mengungkapkan beberapa pejabat mendapatkan promosi,  baik eselon III dan IV untuk mengisi yang  pensiun dan pergeseran pejabat untuk  penyegaran organisasi.

Sinyal adanya mutasi pejabat eselon III dan IV memang pernah disampaikan Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah, SE, M. Sc pada pertengahan Februari lali.

Gubernur  mengatakan pengisian jabatan eselon III dan IV cukup mendesak. Oleh karena itu, Badan Pertimbangan Jabatan dan Kepangkatan (Baperjakat)  menggodok nama-nama pejabat yang akan mengisi seratusan jabatan eselon III dan IV yang saat ini lowong.

Pada waktu itu, Gubernur NTB yang akrab disapa Dr. Zul  ini mengatakan nama-nama pejabat yang akan dipersiapkan untuk mengisi jabatan eselon III dan IV sedang dimatangkan oleh para asisten, Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan Sekda NTB. Setelah digodok di Baperjakat, kemudian diserahkan ke gubernur.

‘’Kita suruh matangkan dulu di Pak Asisten dan Kadis-kadis dan Sekda. Nanti kalau sudah selesai dibicarakan dengan saya. Belum masuk ke saya. Jadi terbuka saja,’’ tandas gubernur.

Data BKD NTB, jabatan  eselon III yang akan lowong per 1 Maret sebanyak  40 orang dan eselon IV sekitar 100 orang. Dalam pengisian jabatan eselon III dan IV, Kepala OPD diberikan kesempatan oleh gubernur  mengusulkan  nama-nama calon pejabat ke Baperjakat. Usulan Kepala OPD tersebut kemudian digodok di Baperjakat.  Namun, tak serta merta apa yang menjadi usulan OPD akan diakomodir. (nas)