Sidang Pencalonan Ketua BPPD NTB Dilanjutkan ke Tahap Pemeriksaan

Mataram (Suara NTB) – Sidang perdana temuan Bawaslu NTB terkait diloloskannya Ketua BPPD NTB, Fauzan Zakaria di Daftar Caleg Tetap (DPT) DPRD NTB oleh KPU sudah digelar Bawaslu RI, Kamis, 11 Oktober 2018 di Jakarta.

Sidang perdana tersebut dipimpin langsung oleh Ketua Bawaslu RI, Abhan. Agenda pada sidang pertama itu, yakni pemeriksaan syarat formil dan materiil dari permohonan tersebut dan dinyatakan telah memenuhi syarat.

“Bawaslu RI putuskan bahwa syarat formil dan materil terpenuhi, sehingga dilanjutkan lagi ke sidang pemeriksaan,” ujar komisioner Bawaslu NTB divisi hukum, Suhardi, kepada Suara NTB.

Sidang pemeriksaan  dijadwalkan akan digelar Senin (15/10) mendatang. Dalam sidang pemeriksaan ini, KPU NTB selaku terlapor akan dihadirkan. KPU NTB akan dimintai keterangan terkait diloloskannya Ketua BPPD NTB dalam DPT. “Sekarang Bawaslu RI menunggu keterangan dan penjelasan dari KPU NTB,” terangnya.

Sesuai aturan, Bawaslu RI harus memutuskan terkait laporan temuan tersebut dalam tempo selama 12 hari sejak temuan diregister. Sehingga proses sidang harus selesai paling lambat tanggal 20 Oktober mendatang.

“Jadi tanggal 20 Oktober nanti sudah ada putusannya. Bawaslu RI akan memutuskan diloloskannya Ketua BPPD NTB di DCT sudah sesuai aturan atau tidak,” katanya.

Lebih lanjut disampaikan Suhardi, pihaknya berkeyakinan Bawaslu RI akan memutuskan bahwa KPU sudah melanggar aturan dengan diloloskan ketua BPPD NTB di DCT. Sehingga Ketua BPPD NTB itu harus digugurkan di DCT.

Terpisah, Ketua KPU NTB, Lalu Aksar Ansori yang dikonfirmasi menyatakan, pihaknya siap akan mengikuti semua proses persidangan digelar Bawaslu RI terkait temuan tersebut. “Kita ikuti nanti semua proses di Bawaslu RI” tegasnya.

Ia pun memastikan KPU NTB akan tunduk dan patut dengan apapun menjadi keputusan Bawaslu RI terkait hal tersebut. “Iya, apa menjadi keputusan Bawaslu akan kita patuhi” pungkasnya. (ndi)



Digital Interaktif.

Edisi 1 Januari 1970

Lantik Ketua DPW Perindo Jatim & NTB, Hary Tanoe Perkuat Infrastruktur...

0
Surabaya (suarantb.com) -- Partai Persatuan Indonesia (Perindo) semakin memperkuat infrastruktur kepengurusan dan jaringan di berbagai wilayah Indonesia menuju Pemilu 2024.Hal ini ditandai dengan dilantiknya...

Latest Posts

Lantik Ketua DPW Perindo Jatim & NTB, Hary Tanoe Perkuat Infrastruktur Partai Guna Raih Double Digit

Surabaya (suarantb.com) -- Partai Persatuan Indonesia (Perindo) semakin memperkuat...

Aruna Senggigi Gelar Malam Apresiasi Pelanggan 2023

Giri Menang (Suara NTB) – Aruna Senggigi Resort &...

Tekan PMK, Pemprov NTB Targetkan 1,4 Juta Ternak Divaksin Tahun 2023 

Selong (suarantb.com)– Dalam rangka pengendalian Penyakit Mulut dan Kuku...

Beri Pengalaman di Dunia Kerja, BRI Buka Program Magang Generasi Bertalenta (MAGENTA)

Jakarta (suarantb.com)– Peningkatan kualitas sumber daya manusia Indonesia dalam...

Mahasiswa KKN Unram Latih Warga Buat Kerupuk Berbahan Pisang

Mataram (Suara NTB) – Dalam rangka meningkatkan ekonomi masyarakat...