Untuk Motivasi, Kadislutkan Dompu Beri Penghargaan Pegawai yang Disiplin Kerja

Dompu (Suara NTB) – Banyak cara pimpinan dalam memotivasi bawahannya untuk bisa rajin dan disiplin, termasuk melalui pemberian penghargaan. Hal ini seperti yang dilakukan Plt Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Dompu, Ir. Wahidin kepada ASN dan pegawai kontraknya. Penghargaan ini diharapkan jadi motivasi bagi pegawai untuk lebih rajin dalam melaksanakan tugas.

 “Harapan kami dari pemberian penghargaan ini, agar bisa memberikan contoh pada yang lain, sehingga lebih rajin lagi untuk melaksanakan tugas,” kata Plt Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Dompu, Ir. Wahidin kepada wartawan usai penyerahan penghargaan kepada pegawainya, Senin, 8 Januari 2018.

Indikator utama bagi penerima penghargaan, kata Wahidin, dari tingkat kehadiran jam kantor yaitu pukul 07.00 – 15.30 wita. Ketika pegawai disiplin dalam kehadiran, tentu akan berdampak pada disiplin kerja dan tanggungjawan dengan tugas yang diberikan.

“Seperti cleaning service yang menjadi juara 1 tenaga kontrak. Dia lebih awal jam 6 pagi masuk kantor. Dia sampai pulang tetap ada di kantor dan tidak pulang. Jadi aktivitasnya luar biasa. Itu juga yang kita nilai. Selain rajin masuk, aktivitas dalam melaksanakan pekerjaan (tugas) juga menjadi penilaian,” jelas Wahidin.

Wahidin juga mengaku, penilaian tingkat kedisiplin ini dilakukan periode Januari – Desember 2017 dan dilihat dari tingkat kehadiran. Absensi kehadiran dilakukan hingga jam 7 pagi baru dilanjutkan dengan apel pagi. “Target saya agar pegawai dinas kelautan ini bisa lebih disiplin lagi, terutama masuk kerja,” katanya.

Para penerima penghargaan kategori ASN dan tenaga kontrak yang disiplin berpose bersama para kepala bidang di lingkup Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Dompu.

Pemberian penghargaan ini diberikan untuk kategori aparatur sipil negara (ASN) dan pegawai kontrak/honorer. Untuk ASN, yang mendapat penghargaan diantaranya Supratman, Iksan Zulkarnain, Lulu Irawati, SE, dan Suciani. Sementara untuk tenaga kontrak yang disiplin diberikan kepada Yasin, Syahril, Sahwan, Habibi, S.Pi.

“Untuk yang kurang disiplin, kita juga berikan sanksi dan akan kita panggil di ruangan untuk sanksi tegurannya,” ungkap Wahidin.

Kepada penerima penghargaan sebagai pegawai yang disiplin, tidak hanya piagam yang diterima. Namun mereka juga mendapat uang pembinaan. Kendati nilainya tidak banyak, namun diharapkan dapat memotivasi para pegawai. “Jangan dilihat besarnya, tapi itu bentuk penghargaan dan apresiasi pimpinan,” harap Wahidin yang juga Sekretaris Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Dompu ini.

Sementara Yasin, tenaga kontrak dengan tingkat disiplin terbaik mengungkapkan, kebanggaannya atas apresiasi yang diberikan pimpinan kepada pihaknya. Penghargaan ini sebagai bentuk pengakuan atasan atas kinerjanya selama ini. “Syukur diberi penghargaan dan dipercaya atasan,” aku Yasin.

Kendati tidak terucap, Yasin yang berstatus sebagai tenaga kontrak Dinas ini berharap bisa diangkat dengan SK Bupati sehingga kesejahteraannya lebih meningkat. Kendati demikian, Yasin yang sudah berusia 40 tahun ini bersyukur bisa bekerja di Dinas Kelautan dan Perikanan kendati sebagai tenaga cleaning service. Walaupun penghasilan terbatas, tapi rasa syukurnya membuat rejeki tidak terputus diperolehnya. (ula/*)




Digital Interaktif.

Edisi 1 Januari 1970

Latest Posts

Inilah Model Baju Koko Terbaru Tahun 2022

Model baju koko terbaru selalu muncul hampir di setiap...

Pembangunan Rendah Karbon dan Berketahanan Iklim Harus Terintegrasi dalam Dokumen Perencanaan

Mataram (Suara NTB)-Kementerian BPN/Bappenas terus mendorong pemerintah daerah di...

Jadi Tuan Rumah Berbagai Event Internasional, Bukti Keberhasilan Pembangunan Infrastruktur di NTB

Mataram (suarantb.com)—Terselenggaranya berbagai event internasional di NTB menjadi salah...

Gali Pesan yang Tersirat dan Tersurat Lewat Pameran Wastra

Mataram (Suara NTB) – Pameran wastra NTB resmi dibuka...