KLU Tolak Klaim Kanwil DJPB NTB sebagai Penyerap DAK Fisik Terendah

Tanjung (Suara NTB) – Pemkab Lombok Utara menolak tudingan sebagai kabupaten dengan penyerap Dana Alokasi Khusus (DAK) fisik terendah pada tahun 2017 lalu. Bilamana Kanwil Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPB) NTB menyebut realisasi KLU sebesar 46,16 persen, KLU justru mengklaim persentase 87,82 persen. Untuk itulah, Pemkab melalui BPKAD KLU akan berkoordinasi dengan Kantor Wilayah DJPB NTB, Senin (hari ini) guna mensinkronkan sekaligus klarifikasi data realisasi DAK.

Realisasi penyerapan DAK fisik tahun 2017 menjadi perdebatan hangat di tingkat SKPD Lombok Utara. Pasalnya Kanwil DJPB NTB memvonis penyerapan DAK fisik KLU terendah di NTB dengan persentase 46,16 persen. Sebaliknya, dari hasil perhitungan BPKAD mengacu pada laporan dinas-dinas, maka realisasi DAK fisik KLU sebesar 87,82 persen. Laporan realisasi itu pun baru menghitung realisasi sampai periode triwulan III-2017.

“Untuk laporan triwulan IV sendiri belum terhitung diaplikasi Kemenkeu. Begitu dibuka pasti melonjak, bisa jadi di atas 90 persen,” ungkap Kepala BPKAD Lombok Utara, Drs. H. Raden Nurjati, Minggu, 7 Januari 2018.

Nurjati menjelaskan, kemungkinan letak kesalahan Kanwil DJPB adalah dalam menghitung faktor pembilang terhadap pembagi dana DAK. Bahwasanya, dari pagu Rp 122 miliar DAK fisik 2017, KLU memperoleh transfer sebesar Rp 115 miliar. Dalam hal pagu DAK sebesar Rp 122 miliar itu, terdiri dua komponen yaitu DAK regular sebesar Rp 76 miliar, serta dana carry over (pengganti dana DAK tertunda tahun 2016 yang masuk pada APBD P 2017) sebesar Rp 46 miliar. Sampai triwulan III masing-masing item sudah terealisasi  yakni Rp 55 miliar DAK regular dan 100 persen realisasi dana carry over. Sehingga jika dihitung maka, realisasi total triwulan III – DAK fisik KLU sebesar 87,82 atau realisasi Rp 101 miliar dari dana transfer sebesar Rp 115 miliar.

Lebih lanjut dikatakan Nurjati, pelaporan dana carry over tidak menggunakan aplikasi Omspam. Pos anggaran tersebut yang besarannya sebesar Rp 46 miliar, sudah tertransfer dan sudah terealisasi 100 persen. Pada penggunaannya dana tidak mengacu pada PMK 112/2017. Oleh karenanya, ia menduga besaran dana tersebut tidak dimasukkan dalam pembilang, sehingga menghasilkan angka realisasi KLU sebesar 46,16 persen.

“DAK carry over ini oleh DJPB dimasukkan dalam plafon dan transfer tapi tidak dimasukkan dalam realisasi. Kita juga sudah kontak-kontakan dengan KPPN, mereka bahkan menyampaikan permohonan maaf atas kekeliruan data ini,” tegas Nurjati.

Sebaliknya, sampai dengan perhitungan triwulan IV direkapitulasi oleh KPPN dan DJPB, ia optimis realisasi DAK KLU tahun 2017 akan mencapai lebih dari 90 persen, bahkan menjadi yang tertinggi di NTB. Dengan catatan, perhitungan realisasi DAK regular triwulan IV terinput, begitu pula dengan dana carry over sebesar Rp 46 miliar.

Dikuatkan Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Ir. Hermanto. Di mana ia menduga ada kekeliruan input data yang dilakukan DJPB.  “Dari DAK reguler 2017 sebesar Rp 76 itu yang sudah ditransfer ke kas umum daerah sebesar Rp 69,8 dengan realiasasi sebesar Rp 55 miliar, sehingga dari total DAK kita yang Rp 76 miliar itu sampai triwulan III sudah terealisasi Rp 55 miliar atau mencapai 72,36 persen. Dan angka ini masih bisa lebih tinggi lagi karena laporan triwulan IV belum masuk,” ujarnya menguatkan.

Guna menyempurnakan data tersebut, pihaknya sudah meminta instansi terkait untuk mengklarifikasi ke DJPB dan KPPN. Senin ini staf BPKAD Lombok Utara sudah akan bertemu dengan DJPB guna menyempurnakan total realisasi dana DAK fisik KLU. (ari)




Digital Interaktif.

Edisi 1 Januari 1970

Imigrasi Luncurkan Situs Resmi Pengurusan e-VoA

0
Mataram (suarantb.com) Situs palsu pengurusan elektronik visa on arrival (e-VOA) https://www.indonesia-evoa.com muncul di pencarian teratas mesin pencari google, warga negara asing diminta berhati-hati. Sebelumnya...

Latest Posts

Imigrasi Luncurkan Situs Resmi Pengurusan e-VoA

Mataram (suarantb.com) Situs palsu pengurusan elektronik visa on arrival...

Kolaborasi Srikandi BRI dan BUMN, Bahu Membahu Percepat Pemulihan Korban Gempa Cianjur

Cianjur (suarantb.com) – Dalam rangka mempercepat pemulihan pasca bencana,...

Unisma Raih Dua Kategori Anugerah Kampus Unggulan

Malang (suarantb.com)Universitas Islam Malang (Unisma) sebagai Perguruan tinggi dengan...

Kesejahteraan Guru Terpencil di Kabupaten Bima Masih Diabaikan

Bima (Suara NTB) - Serikat Guru Indonesia (SGI) Kabupaten...