2018, Pemprov NTB Optimis Datangkan Empat Juta Wisatawan

Mataram (Suara NTB) – Pemprov NTB optimis target 4 juta kunjungan wisatawan pada 2018 dapat terealisasi. Sebab Mandalika yang baru saja diresmikan diharapkan mampu menggaet lebih banyak wisatawan.

“Saya pikir optimistis kalau melihat persiapan. Target itu tidak terlalu fantastis ya, masih realistis,” ujar Asisten II Setda Pemprov NTB Chairul Mahsul di sela-sela rapat koordinasi tata kelola destinasi wisata NTB di Hotel Golden Palace, Mataram, Rabu, 25 Oktober 2017.

Iklan

Chairul menyampaikan, persiapan NTB dalam menggaet empat juta wisawatan sudah dilakukan sejak jauh hari. Seperti penataan destinasi wisata, kalender event yang terjadwal dan juga dalam hal strategi promosi.

“Bahkan, kita terbantu dengan promosi Vlog Presiden Jokowi (di Mandalika) yang jadi viral,” lanjut Chairul.

Menilik data kunjungan wisatawan pada 2016, NTB berhasil meraih kunjungan wisatawan hingga 3,2 juta wisatawan, atau lebih dari target 3 juta wisatawan. Sedangkan, untuk tahun ini target yang diberikan sebanyak 3,5 juta wisatawan.

“Tahun-tahun sebelumnya kita selalu melebihi target, jadi 4 juta wisatawan pada 2018 juga kita optimistis,” kata Chairul.

Target itu bukan hanya karena Mandalika. Namun semakin banyaknya potensi wisata yang dapat dikembangkan. Misalnya desa wisata yang semakin menunjukkan perkembangan yang baik. Selain itu ada pula wisata budaya di berbagai daerah yang dapat dinikmati oleh wisatawan.

“Kita punya banyak potensi, semua bisa dimaksimalkan. Sehingga target kunjungan empat juta wisatawan tahun 2018 bisa kita dapatkan,” ujarnya.

Chairul juga mengatakan penguatan secara kelembagaan juga hal yang perlu untuk dilakukan. Sehingga sektor pariwisata benar-benar kuat untuk menopang perekonomian masayarakat NTB. (lin)