2018, NTB Jadi Tuan Rumah Sail Sunda Kecil

Mataram (Suara NTB) – Tahun ini Provinsi NTB gagal menjadi tuan rumah Sail Indonesia. Namun tahun berikutnya sudah dipastikan bahwa Provinsi NTB akan menjadi tuan rumah Sail Sunda Kecil. Kegiatan ini rencananya akan diselenggarakan di Teluk Saleh, Sumbawa.

“Tahun ini kan kita tidak menjadi tuan rumah sail Indonesia karena berbagai pertimbangan. Tapi tahun depan rencananya kita akan menjadi tuan rumah Sail Sunda Kecil dan akan mengundang banyak peserta dan kita upayakan banyak wisatawan yang datang,” kata Kepala Dinas Pariwisata Provinsi NTB H. L. Moh. Faozal, S.Sos.,M.Si kepada Suara NTB, di Mataram, Jumat, 24 Maret 2017.

Iklan

Pada sail ini juga akan didatangkan kapal yacht dari berbagai Negara. Sehingga dipastikan akan didatangi oleh wisatawan dari berbagai Negara yang gemar melakukan perjalanan menggunakan kapal pesiar. Kesempatan ini akan digunakan untuk mempromosikan Pulau Sumbawa menjadi salah satu pulau dengan potensi pariwisata yang cukup mumpuni.

“Pulau Sumbawa juga memiliki potensi wisata yang tidak kalah dari Pulau Lombok. Sail Sunda Kecil ini akan menjadi salah satu momentum untuk kita memperkenalkan Pulau Sumbawa kepada wisatawan. Sehingga semakin banyak wisatawan yang datang,” kata Faozal.

Faozal mengatakan bahwa Sail Sunda Kecil ini rencananya akan dilakukan pada Oktober 2018. Semua persiapan akan segera dilakukan. Mengingat peserta atau pengunjung sail itu diperkirakan berasal dari berbagai Negara dan akan dihadiri oleh pengusaha-pengusaha dari beberapa Negara, salah satunya Autralia.

“Nanti di 2018 kita mulai pesiapkan semuanya. Kita ingin ini berjalan dengan baik, karena kita akan menjadikan Sumbawa sebagai daerah yang siap untuk dikunjungi wisatawan. Masyarakat juga harus mempersiapkan diri,” ujarnya.

Ia berharap Sail Sunda Kecil tersebut bisa menjadi awal untuk promosi Sumbawa kepada dunia. Sehingga semakin banyak yang mengetahui tentang potensi yang dimiliki Sumbawa. Sebab selama ini pariwisata di Sumbawa masih terkendala pada infratruktur dan akomodasi yang dianggap belum memadai.

“Kita sudah mulai benahi, pelan-pelan. Semoga kedepannya Sumbawa bisa mendatangkan lebih banyak lagi wisatawan. Tentu saja itu harapan kita semua. Semoga dengan sail itu nanti bisa datangkan sebanyak-banyaknya wisatawan. Baik nusantara maupun mancanegara,” ujarnya. (lin)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here