Garda Maritim I dan II Resmi Berlayar di Kayangan – Poto Tano

0

Manajemen PT. Multi Guna Maritim (MGM), Selasa (5/12) kemarin resmi meluncurkan dua armada terbarunya, yaitu Kapal Penyeberangan Garda Maritim I dan II. Operasional kapal yang akan melayani penyeberangan Lintasan Kayangan – Poto Tano itu menandai babak baru dalam kiprah PT. Multi Guna Maritim di dunia pelayaran di Indonesia.

SEREMONI peresmian dihadiri Direktur PT MGM, Ian Morris Budiman, Wakil Gubernur NTB, H. Muh. Amin, SH, M.Si, Tokoh Muda Inspiratif yang juga anggota DPR RI, Prananda Surya Paloh, Komisaris Utama PT ASDP Indonesia Ferry, H. Lalu Sudarmadi, Kepala Dinas Perhubungan NTB, Drs. L. Bayu Windya, M. Si beserta jajaran manajemen serta mitra PT. MGM. Peresmian dilakukan secara simbolis oleh para tokoh tersebut dengan menekan sirine.

Dalam sambutannya sesaat sebelum peresmian di Pelabuhan Kayangan itu, Ian Morris Budiman menuturkan, bagaimana PT. MGM merintis perjalanan di bisnis pelayaran ini sejak tahun 2012 lalu. MGM memulai bisnis dari bawah, dengan melayani kargo, mengantarkan barang ke berbagai dermaga di pelosok tanah air. Pahit manis dunia usaha maritim juga ikut dikecap Ian bersama manajemen MGM selama kiprah mereka.

“Banyak pengalaman.. Tapi dari pengalaman ini, kami banyak belajar,” ujarnya.

Menurut Ian, kebijakan Presiden Joko Widodo dan Wapres Jusuf Kalla untuk membangun tol laut di Indonesia, kini mendatangkan gairah baru di sektor maritim Indonesia. Karena itulah, pihaknya juga merespon geliat ini dengan mengepakkan sayap bisnis.

NTB dipilih sebagai daerah untuk pengembangan bisnis MGM ini karena dua alasan. Pertama, keindahan Pulau Lombok dan Sumbawa. Saat ini, wisata NTB, khususnya Lombok memang telah menarik begitu banyak wisatawan, domestik maupun mancanegara. Alasan kedua, adalah karena laju pertumbuhan ekonomi NTB yang sangat menggembirakan dalam beberapa tahun terakhir.

“Bahkan tahun 2016 lalu (ekonomi NTB) melebihi pertumbuhan nasional. Tentunya ini berkat ikhtiar Pemprov NTB dan segenap masyarakat NTB,” ujarnya.

Ian menegaskan, dengan dibukanya pelayaran Garda Maritim I dan II ini, manajemen MGM bertekad untuk memberikan pelayanan yang prima kepada pengguna jasa pelayaran lintasan Kayangan – Poto Tano. Desain kapal pun, menurutnya diatur sesuai dengan kebutuhan masyarakat NTB, dengan mengedepankan prinsip keselamatan dan kenyamanan pengguna jasa.

Komisaris Utama PT ASDP Indonesia Ferry, H. Lalu Sudarmadi menambahkan, program tol laut di era kepemimpinan Presiden Joko Widodo memang telah memunculkan angin segar di sektor maritim. Seiring semakin mudahnya transportasi laut, mobilitas warga pun mengalami kenaikan. “Dan geliatnya sudah terasa,” ujar Sudarmadi. Ia menegaskan, untuk merespon dinamika ini, pihaknya bertekad untuk melakukan transformasi.

Sementara itu, Prananda Surya Paloh menegaskan bahwa aspek konektivitas di masyarakat Indonesia adalah hal yang sangat penting. Apalagi NTB yang bercirikan kepulauan. Untuk mendorong tumbuhnya konektivitas NTB, Prananda menegaskan dirinya akan memberikan dukungan selaku anggota DPR RI.

“Saya imbau, dari pusat akan saya dukung penuh, bagaimana transportasi laut di NTB ini akan jadi program utama di DPR dan program utama Jokowi JK ini,” ujar putra dari Surya Paloh ini. Prananda menilai, komitmen Presiden Jokowi dalam pembangunan sektor kelautan sudah tidak perlu diragukan lagi.

Wagub NTB, H. Muh. Amin, SH, M.Si memberikan apresiasi kepada PT. MGM yang telah ikut berkontribusi dalam meningkatkan konektivitas antar daerah di NTB. Mengingat kiprahnya di jasa pelayaran ini, Amin mengingatkan agar MGM terus mengedepankan aspek keselamatan dan kenyamanan pengguna jasa. “Keamanan, keselamatan itu harus menjadi harga mati,” ujarnya.

Setelah seremonial tersebut, seluruh undangan mendapatkan kesempatan menjajal pelayaran Garda Maritim I. Kesan yang diperoleh, kapal Garda Maritim ini memang menawarkan standar pelayaran yang mengedepankan aspek keamanan dan kenyamanan pengguna. Ruang penumpang yang sangat sejuk dengan berbagai fasilitas serba baru, yang memanjakan penumpang. Semua itu menghadirkan suasana pelayaran yang terasa begitu aman dan nyaman. (*)

 

Tiitle Ads