TGB Ingatkan Kasus Rohingya Jangan Sulut Konflik Agama di NTB

0

Mataram (suarantb.com) – Ratusan massa menggelar aksi “Bela Rohingya” di depan Kantor Gubernur NTB, Senin, 4 September 2017 siang. Gubernur NTB, Dr. TGH. M Zainul Majdi yang menerima langsung peserta aksi mengingatkan agar kasus Rohingya jangan sampai menyulut konflik agama di NTB. Masyarakat diimbau tidak menilai pembantaian etnis Rohingya berakar dari masalah agama.

“Saya ingin mengajak kita semua dalam menyikapi ini jaga rasionalitas anda, jaga akal sehat anda. Tidak boleh ada di antara kita yang punya pikiran bahwa masalah ini adalah masalah yang berakar dari ajaran agama. Tidak. Ini adalah pelanggaran terhadap nilai-nilai kemanusiaan, karena hilangnya akal sehat,” kata Gubernur yang akrab disapa Tuan Guru Bajang (TGB) ini di hadapan massa aksi.

TGB meminta agar perlawanan yang disuarakan massa yang hadir murni didasari karena pembantaian ini bertentangan dengan nilai-nilai fundamental yang diyakini. Baik itu nilai kebangsaan, maupun nilai agama yang diyakini bersama oleh masyarakat NTB.

Aksi massa yang diikuti pemuda lintas agama ini pun disambut baik TGB. Karena menunjukkan dukungan masyarakat bahwa segala segala praktek yang bertentangan dengan nilai kemanusiaan harus dilawan.

“Selama kita berUndang-Undang Dasar yang di dalamnya dijelaskan, penjajahan di atas dunia harus dihapuskan, maka pada hari ini saya terima baik dan kita semua satu suara. Hentikan penindasan yang ada di Myanmar terhadap etnis Rohingya. Berikanlah hak-hak hidup yang baik,” tegasnya.

Selain aksi massa dan tagar #saveRohingya yang terus diviralkan di media sosial, TGB mengajak masyarakat untuk menyumbangkan dana. Bantuan dana akan lebih terasa manfaatnya, ketimbang hanya sekedar ribut di media sosial.

“Mereka akan merasakan bantuan nyata apabila kita mau menyisihkan berapapun itu yang ada di kantong kita. Kita kumpulkan, kita sumbangkan dan itulah satu bentuk yang nyata dari komitmen kita sebagai bangsa Indonesia. Yang pada saat dulu kita baru merdeka juga dibantu oleh bangsa lain,” tandasnya.

Usai menyampaikan orasinya, TGB secara simbolis menyerahkan sumbangan sebesar Rp 80 juta pada perwakilan Aksi Cepat Tanggap (ACT). Sumbangan yang berhasil dikumpulkan di Masjid Hubbul Wathan Islamic Center dan ASN Pemprov NTB untuk membantu meringankan beban warga etnis Rohingya. (ros)