Air Pandanduri ke Selatan akan Sentuh 4.000 Sambungan Rumah

Selong (Suara NTB) – Sebanyak 50 liter per detik air Bendungan Pandanduri akan dialirkan ke Lombok Timur (Lotim) bagian selatan, khususnya kecamatan Keruak dan Jerowaru. Air baku dari Pandanduri ini siap diolah menjadi air bersih. Pada tahap pertama ini baru bisa menyentuh sekitar 4.000 rumah.

Demikian penjelasan Direktur Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Lombok Timur (Lotim) M. Isro’i menjawab Suara NTB, Kamis, 6 Juli 2017.

Ia menjelaskan, saat ini sedang dilakukan pemasangan pipa jaringan. Pemasangan sudah dimulai sejak 3 bulan terakhir dan dijadwalkan berakhir sampai Desember 2017 mendatang. “Sekarang ini pipa sudah sampai Rensing Sakra Barat,“  klaimnya. Pipa sebesar 12 inci ini nantinya akan dipasang sepanjang 9 km dari Bendungan Pandanduri.

Soal kualitas air, ujarnya, sebelum masuk ke pelanggan akan dilakukan pengolahan terlebih dahulu. Bahkan, dalam hal ini, anggaran pabrik pengolahan sudah dipersiapkan dan mulai dibangun 2017 dan bisa ke pelanggan 2018 mendatang.

“Kualitas air kan sudah diolah nantinya melalui pengelolaan air lengkap, rencana mesin pengolahan ini akan ditempatkan di wilayah Rensing. Ada gedung sebagai tempat mengolah air bersih,“ sebutnya.

Meski yang masuk dari Pandanduri kualitasnya belum bagus, ujarnya, namun pihaknya meyakinkan pascapengolahan akan jauh lebih bersih. Ada zat pembersih dan penjernih yang akan diberikan, sehingga air bisa untuk digunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Dalam hal ini, ujarnya, kualitas air Pandanduri diyakini jauh lebih baik dibandingkan dengan air yang diolah di kota-kota besar seperti Jakarta dan Surabaya yang mengolah air limbah.

Diakuinya, pada tahap pertama ini belum semua penduduk di wilayah Jerowaru dan Keruak bisa dijangkau. Harapannya ke depan ada tambahan debit air setidaknya bisa mencapai 100 liter per detik, sehingga bisa menyentuh lebih banyak sambungan rumah.

Untuk menyambungkan ke 4 ribu sambungan rumah, lanjutnya, butuh dana Rp 6 miliar. Anggaran itu siap akan diusahakan PDAM. Jika tidak bisa melalui penyertaan modal pemerintah daerah, bisa dilakukan pinjaman ke perbankan. (rus)



Digital Interaktif.

Edisi 1 Januari 1970

Tingkatkan Kompetensi Sales People, AHM Gelar Mash Up Community Contest

0
Mataram (suarantb.com)-Meningkatnya penjualan sepeda motor Honda yang disertai juga dengan banyaknya komunitas-komunitas sepeda motor yang terus berkembang, menjadikan sales people sebagai garda terdepan bisnis...

Latest Posts

Tingkatkan Kompetensi Sales People, AHM Gelar Mash Up Community Contest

Mataram (suarantb.com)-Meningkatnya penjualan sepeda motor Honda yang disertai juga...

PLN Siapkan Kembali Suplai Listrik Berlapis untuk Gelaran WSBK 2023

Mataram (Ekbis NTB)-Perhelatan ajang internasional World Super Bike (WSBK)...

Selain Promo Besar-besaran, Ricky Smartphone Siapkan 1.000 Snack Sehat bagi Pengunjung

Mataram (Suara NTB)-Menyambut bulan kasih sayang, Ricky Smartphone di...

Dinas LHK NTB akan Buka Kembali Pos Pengamanan Hutan

Mataram (Suara NTB) – Setelah sempat vakum akibat Pandemi...

Pemkot Bima Naikkan Dana Bantuan Stimulan Jadi Rp750 Juta

Kota Bima (Suara NTB) - Pemerintah Kota (Pemkot) Bima...