Luhut : Hampir Semua Tempat di Sumbawa Itu Emas

0

Giri Menang (suarantb.com) – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan Pulau Sumbawa memiliki potensi besar dalam sektor pertanian, pariwisata dan pertambangan.

“Ini Pulau Sumbawa saya baru tahu setelah saya pergi ke sana,” ujarnya saat memberi sambutan dalam acara Munas I Himpuni, di Kawasan Wisata Senggigi, Sabtu, 1 April 2017.

Menurut Luhut, Sumbawa memikili potensi pertanian seperti beras, jagung, bawang dan tebu yang cukup besar. Begitu juga dengan sektor pariwisata dan pertambangan emas yang dinilai sangat potensial.
“Hampir semua tempat di Sumbawa itu emas, padahal penduduknya cuma satu jutaan,” katanya.

Karena potensi yang besar tersebut, Luhut menjelaskan saat ini pihaknya tengah berupaya membangun infrastruktur secara terpadu dan terintegrasi di Pulau Sumbawa.

Mantan Menko Polhukam itu mengemukakan hasil pembangunan infrastruktur secara terpadu tersebut akan dilihat dalam kurun waktu 2-3 tahun ke depan. “Kita akan lihat buahnya 2-3 tahun ini, tidak bisa hanya dilihat dalam 1-2 tahun,” imbuhnya.

Dalam kesempatan tersebut, Luhut juga menyampaikan terkait tantangan pemerataan pembangunan wilayah di Indonesia. Ia menjelaskan kontribusi PDB per wilayah masih dipegang wilayah Jawa dan Sumatera. “Jawa dan Sumatera itu mengontrol hampir 82 persen PDB nasional,” ujarnya.

Sedangkan porsi Indonesia bagian timur menurut Luhut dinilai masih kecil. Padahal, Indonesia bagian timur memiliki potensi-potensi besar yang dapat dikembangkan.

Oleh karena itu, menurutnya perlu diperhatikan agar distribusi ekonomi tidak hanya bertempat di satu lokasi dan dinikmati oleh segelintir orang saja.

“Ini yang harus kita perhatikan agar distribusi ekonomi, industri itu jangan hanya di satu tempat saja, yang nantinya bisa menimbulkan ketidakadilan ekonomi,” tandasnya. (hvy)