Balap Sepeda Tour de Lombok Segera Digelar

0

Mataram (suarantb.com) – Setelah ajang Grand Fondo New York (GFNY) Oktober lalu, Lombok kembali akan menjadi tuan rumah pagelaran olahraga ekstrem balap sepeda internasional. Demikian disampaikan Kepala Dinas Pariwisata NTB, Lalu Muhammad Faozal, Senin, 27 Februari 2017.

“Uni Balap Sepeda International (UCI) sudah memutuskan Tour de Lombok Mandalika dilaksanakan di Lombok. Tanggalnya itu di 13-16 April 2017,” jelasnya.

Persetujuan UCI diakui Faozal diperoleh setelah semua persyaratan dipenuhi. Selanjutnya hanya perlu dilakukan pengecekan rute yang akan dilakukan oleh Pengurus Besar Ikatan Sepeda Indonesia (PBISI).

“Ada empat rute yang kita usulkan, dengan start di Kuta dilanjutkan ke Sembalun kemudian ke Bangsal terus kembali lagi ke Kuta. Total jaraknya sekitar 3000 kilometer,” ungkapnya.

Menurut Faozal, hanya ada dua rekomendasi penyelenggaraan balap sepeda yang dikeluarkan oleh UCI untuk Indonesia tahun ini, yaitu Tour de Ijen dan Tour de Lombok.

Untuk peserta, ditargetkan sebanyak 15 peserta dari pebalap sepeda internasional sesuai standar PBISI. Kemudian 55 peserta merupakan pebalap lokal maupun nasional.

“Pebalap internasional ini biasanya itu atlet yang sudah sering ikut ajang balap sepeda. Rencananya itu mereka usai mengikuti Tour de Bangkok akan lanjut ikut tour ini,” katanya bersemangat.

Diadakannya balap sepeda tingkat internasional di Lombok diharapkan bisa mendongkrak jumlah wisatawan. Khususnya wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Lombok. Untuk mengenalkan Tour de Lombok ini, Kemenpar pun akan turut mendukung dengan mengundang media olahraga internasional Fox Sports. Sebagai bentuk promosi pariwisata Lombok ke dunia internasional. (ros)