Pulau Paserang Tawarkan Menu Liburan yang Beragam

0

Taliwang (Suara NTB) – Pulau Paserang. Mungkin nama pulau ini masih terkesan asing. Padahal, Paserang memiliki pemandangan dan pantai yang tidak kalah menarik. Keindahan bawah lautnya sangat sayang untuk dilewatkan. Berbagai jenis ikan dan terumbu karang siap memanjakan wisatawan yang ingin menyelam.

Saat sampai di pulau ini, pengunjung akan disambut oleh hamparan pasir putih. Saat perahu bersandar, hal pertama yang ingin dilakukan adalah menyelami. Namun ada yang lebih menarik, yaitu pengunjung menelusuri pemandangan dari Bukit Paserang yang sungguh indah.

Pengunjung tidak perlu khawatir. Untuk mendaki bukit itu tidaklah susah. Sebab jalannya sudah bagus, sehingga tidak susah didaki. Dari atas bukit pengunjung akan dimanjakan dengan pemandangan yang luar bisa indah. Hamparan lautan, bukit-bukit kecil yang cantik dan pulau-pulau kecil yang sangat menawan.

Di pulau ini tersedia beberapa fasilitas umum yang mulai dibangun pengembang, seperti cottage, saung, toilet, dermaga kecil serta penerangan listrik berbahan bakar diesel. Terdapat pula fasilitas air tawar yang dibawa dari Sumbawa menggunakan perahu. Dengan demikian, pengunjung tak perlu panik jika kehabisan air. Hanya perlu berhemat dan bijak saat menggunakan air, karena persediaannya memang terbatas.

Ada banyak aktivitas yang dapat dilakukan di pulau cantik ini. Pengunjung dapat mengitari dan menjelajahi pulau, hingga menemukan laguna (danau air tawar) tepat di sekitar pulau, lalu menyaksikan matahari terbit dan tenggelam dari atas bukit, sampai mencari ikan atau kerang untuk dimakan. Pengunjung juga dapat mendirikan tenda dan bermalam di dalam suasana yang sangat mengasyikkan.

Bukan hanya itu saja, pengunjung juga dapat bermain dengan ikan-ikan kecil, penyu dan lainnya saat menyelam. Tidak perlu jauh dari bibir pantai, di tepi pantai pun pengunjung sudah menemukan pemandangan bawah laut yang sangat cantik. Jangan pernah lupa dengan kamera bawah laut, serta alat menyelam lengkap dengan sepatu katak dan maskernya jika tidak ingin melewatkan keindahan terumbu karang dan cantiknya ragam biota laut Pulau Paserang.

Di pulau mungil yang eksotis ini, tidak ada helipad apalagi landasan pacu. Itu artinya pengunjung tidak bisa berkunjung dalam waktu singkat. Minimal persiapkan waktu 2-3 hari untuk bisa menikmati dan bersantai saat melakukan perjalanan ini. Untuk transportasi tidak jauh berbeda seperti saat mengunjungi Pulau Kenawa.

Biasanya, pengunjung menyewa perahu untuk satu paket pulang-pergi dengan penyeberangan ke Pulau Kenawa dan Paserang. Tidak ada patokan untuk harga sewa perahu. Itu disesuaikan dengan kebutuhan dan kapasitas penumpang. Disarankan berangkat bersama rombongan untuk berbagi biaya dan logistik perjalanan. (lin)