VIDEO : Menjenguk ‘Kura-Kura’ Raksasa di Lombok

0

Selong (suarantb.com) – Anda wisatawan pemburu panorama pantai yang indah? Tentu wajib hukumnya menjejakkan kaki di Pulau Lombok. Di seluruh penjuru Lombok terdapat puluhan pantai yang siap membuat mata pengunjung terbelalak. Mulai dari yang berpasir hitam, putih hingga pink.

Kali ini, Lombok kembali menyuguhkan pemandangan luar biasa. Dimana pengunjung bisa menyaksikan ‘kura-kura’ raksasa di tengah laut. Yang ukurannya mencapai tinggi sebuah bukit. Penasaran?

Silahkan berkunjung ke Pantai Kura-kura yang terletak di Desa Ekas, Kecamatan Jerowaru, Lombok Timur. Jika berangkat dari Kota Mataram, waktu yang ditempuh bisa mencapai dua jam perjalanan. Dan butuh 15-20 menit melewati jalanan tanah berbatu untuk mencapainya.

Setelah berlelah-lelah di jalan, semuanya akan terbayar dengan pemandangan menakjubkan Pantai Kura-Kura. Pemandangan yang akan membuat pengunjung ternganga sejenak. Mengagumi betapa indahnya alam yang dianugerahkan Tuhan untuk masyarakat Lombok.

Memasuki areal ‘parkir’ pantai, pengunjung akan langsung disambut dengan bukit yang menyerupai kura-kura. Jika dilihat berbagai sisi, gundukan bukit di tengah laut ini memang menyerupai badan hewan bercangkang keras tersebut. Mulai dari badan hingga kepala terbentuk sempurna.

Tak cukup hanya memandangi bukit ‘kura-kura’ itu. Pasir pantai yang putih dan air jernih berwarna hijau kebiruan dipastikan membuat hasrat untuk berenang semakin besar. Gradasi warna pasir putih dan air laut, demikian pula dengan batu-batu putih juga menghiasi tepi pantai.

Sebagian pengunjung yang ada di Pantai Kura-kura ini mengaku sangat puas dengan pemandangan yang mereka dapatkan. “Pemandangannya bagus banget, ndak nyesel sudah capek-capek di jalan,” ujar salah seorang pengunjung, Ajmah.

Tak puas hanya memandangi dari tepi pantai, pengunjung bisa mendaki bukit kecil yang dekat dengan bibir pantai. Setelah berada di atas bukit, pemandangan yang ditawarkan sungguh luar biasa. Bukit kura-kura pun terlihat lebih indah jika diabadikan melalui jepretan kamera di atas bukit ini.

Duduk di tepi bukit sembari menikmati pemandangan air laut di bawahnya, sangat direkomendasikan. Air laut di Pantai Kura-kura ini sangat jernih, sebening kristal. Hingga pemandangan di bawah air bisa dinikmati walau dari atas bukit.

Jika melihat segudang keindahan yang ditawarkan Pantai Kura-kura, sangat disayangkan jika akses ke pantai ini tidak bagus. Akses hanya berupa jalan tanah yang penuh kerikil di beberapa titik. Akan sangat berbahaya jika pengendara motor tidak berhati-hati. Terlebih jika turun hujan, jalanan tanah akan lebih menyulitkan perjalanan.

Keamanan di pantai ini juga masih kurang. Terdapat areal ‘parkir’ kecil yang diusahakan oleh masyarakat sekitar, dengan menarik tarif Rp 10 ribu untuk kendaraan bermotor. Sementara pengunjung yang menggunakan kendaraan roda empat tidak memiliki areal parkir.

Sampah juga banyak ditemui di tepi pantai. Terlihat betapa kesadaran untuk menjaga kebersihan daerah wisata itu masih sangat rendah. Sangat disayangkan, karena keindahan Pantai Kura-kura seharusnya dijaga untuk menarik banyak wisatawan baik lokal maupun asing. (ros)