Peredaran Kosmetik Ilegal di Dompu Ancam Kesehatan Warga

0

Dompu (Suara NTB) – Kepala Dinas Kesehatan (Dikes) Kabupaten Dompu, Gatot Gunawan, SKM, MMKes melalui Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan dan Rujukan, Maman, SKM, MMKes mengakui banyak ditemukan kosmetik illegal atau tak memiliki izin edar di Dompu. Keberadaan obat ini jelas mengancam kesehatan masyarakat, apalagi kandungan alkohol dalam kosmetik tersebut diketahui cukup tinggi.

Katanya, upaya mensosialisasikan permasalahan ini ke tengah masyarakat intens dilakukan pihaknya. Hanya saja kecenderungan masyarakat sekarang ialah memilih kosmetik dengan harga murah, meskipun hal itu membahayakan dirinya sendiri. “Kalau mukanya sudah rusak akibat kandungan alkohol tadi, baru mereka sadar, bahkan sedikit masyarakat yang merespon positif kegiatan kami,” katanya kepada Suara NTB saat ditemui di ruang kerjanya belum lama ini.

Selain penekanan langsung pada masyarakat selaku konsumen, juga diberikan himbauan pada beberapa toko yang tidak memiliki izin edar, langkah itu juga tidak cukup berhasil menekan tingkat penjualan kosmetik ini. Melihat persoalan ini langkah lain yang akan diambil pihaknya yakni meminta aparat penegak hukum menindak tegas para pedagang. Di mana kewenangan pihaknya hanya sebagai pelapor atas fakta yang ditemukan di lapangan.

Dari hasil pemerikasaan lapangan tahun 2016 ini kata Maman, terjadi peningkatan yang cukup signifikan jika dibandingkan tahun 2015 lalu, angka pastinya belum dapat dipastikan pihaknya. “Kalau kita, begitu ditemukan kita infokan kemudia sekali-kali BPOM akan turun dengan penyidik PNS-nya,” ujar dia. Dan sebernarya tambah dia, “Karena ini menyakut perdagangan maka Dinas pedaganganlah yang harusnya proaktif memberi tindakan, sebenarnya kami di kesehatan hanya bertindak ketika terjadi dampak dari penggunaan kosmetik tersebut,” tegasnya. (jun